Cara Bisnis Ternak Ikan Lele dan Analisa Keuntungannya

Ternak ikan lele adalah bisnis yang menguntungkan. Artinya bisnis ini memiliki margin keuntungan yang tinggi.Banyak cerita sukses yang bisa kita dengar dari kalangan peternak ikan lele. Fauzan Hangriawan adalah contoh sukses peternak ikan lele. Memulai dengan modal 1,5 juta ia membeli 1000 bibit lele dumbo dan menghasilkan 40 kilogram ikan lele. sekarang ia sudah mampu memperkerjakan 8 karyawan, dan sudah mampu memproduksi ikan lele sebanyak 600.000 ekor bibit lele. setiap hari mampu memproduksi 3-4 kuintal lele yang berukuran siap untuk konsumsi yaitu dengan harga 17.000 per kilogram. Jadi setiap bulan, fauzan dapat mengantongi omset sekitar 200 juta per bulan.

Bisnis ternak ikan lele ini cocok untuk siapa saja, baik bagi anda yang baru didalam dunia usaha dengan modal kecil maupun bagi pengusaha berpengalaman dengan modal yang besar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk sukse dalam bisnis ternak lele.

Mengerti dan memahami cara budidaya ikan lele

Informasi cara budidaya ikan lele bisa anda temukan diinternet, sangat penting bagi anda untuk mengerti dan memahaminya. Informasi ini adalah pondasi bagi anda dalam memulai bisnis ternak lele. anda bisa mencoba mempraktekkan budidaya ikan lele ini dikolam terpal kecil untuk sekadar uji coba. Tujuannya adalah membiasakan diri dalam berbudidaya ikan lele dan dapat menghindari kesalahan yang terjadi pada saat anda berbudidaya dikolam besar.

kolam terpal

kolam terpal

Menggunakan Kolam Terpal

Jika anda pemula dalam berbisnis dan tidak mempunyai modal yang banyak. Anda bisa menggunakan kolam terpal untuk berbisnis ternak ikan lele. cara ini lebih mudah dibandingkan anda menggunakan kolam tanah, berikut beberapa keunggulan kolam terpal;

  • Biaya pembuatan yang murah. Fauzan Hangriawan memulai dengan modal 1,5 juta dan menggunakan kolam terpal untuk ternak lele.
  • Kolam terpal lebih mudah dibuat, ukurannya bisa sesuai keinginan, dan mudah dalam pengurasan air kolam.
  • Menekan serangan hama dan penyakit. Kolam terpal mudah untuk dikontrol, mudah melihat kondisi kesehatan ikan dan mudah dalam menjaga kualitas air kolam.
  • Berguna untuk daerah yang kekurangan air.

Pengelolaan kolam ikan yang baik

Ikan Lele dapat diternak dikolam baru atau lama. Untuk kolam tanah akan lebih baik jika Anda mengolah ikan lele di kolam lama. Jika ingin menggunakan kolam baru, maka Anda harus menggunakan pupuk seperti kotoran, kapur dll. Penggunaan pupuk setelah membangun kolam adalah untuk menumbuhkan bakteri dan plankton sebagai makanan alami ikan lele.

Kualitas air yang baik untuk ternak lele bukanlah air yang jernih. Bukan berarti kita menggunakan air yang kotor. Warna air yng bagus untuk ikan lele adalah hijau. Artinya lele sedang berkembang. Ketika warnanya berubah merah, ikan lele ini siap dipanen.

kolam ikan lele

kolam ikan lele

Jadi, anda harus menjaga kualitas air kolam sesuai dengan yang disukai ikan lele. anda dapat memanfaatkan tanaman-tanaman air seperti eceng gondok atau talas misalnya untuk membuat keruh bagian kolam, jadi air juga tidak tercemar, selain itu tanaman-tanaman air tersebut justru mampu menyerap racun-racun yang bertebaran di dalam air. Penting untuk menjaga air kolam tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya.

Jumlah oksigen didalam kolam juga memerlukan perhatian lebih. Kebutuhan oksigen untuk ikan bergantung pada sistem pengelolaan air yang efektif karena terlalu banyak pertumbuhan plankton menghasilkan persaingan untuk oksigen di antara plankton dan ikan lele. Limbah dari ikan serta polusi dari pakan juga mengurangi kandungan oksigen air kolam. Indikasi penurunan oksigen adalah saat ikan terlihat berada lama di permukaan air (mencoba bernafas ).

Menjaga kolam ikan lele dari hewan seperti kucing atau burung.  kolam ikan kita. Sebaiknya diberi penghalang berupa jaring atau sejenisnya. Jika tidak, bersiaplah merugi karena ikan anda dimakan kucing atau burung.

Pakan alternatif ikan lele

Pakan utama ikan lele budidaya adalah pelet. Pelet merupakan pakan yang dibuat oleh pabrik khusus. Komposisi dalam pelet sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan lele.Campuran bahan dalam pelet biasanya dari aneka tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak, minyak dan macam-macam vitamin lainnya. Sebelum membeli pelet, Ketahui dahulu nama perusahaan yang memproduksinya, perhatikan komposisinya dan tanggal kadaluarsanya. Utamakan kandungan proteinnya. Pilih yang kandungannya cukup tinggi.

Mahalnya harga pelet ikan lele menjadi masalah bagi peternak ikan lele. Tingginya harga pakan ini membuat biaya produksi ikan lele meningkat, dan tak jarang peternak ikan lele mengalami kerugian. Ada banyak cara yang sudah dilakukan oleh para pengusaha dan pembudidaya ikan lele untuk mengatasi permasalahan pakan ini, mulai dari menggunakan pakan ikan alternatif, seperti keong mas, limbah peternakan unggas, belatung maupun menggunakan ikan rucah.

pakan ikan lele

pakan ikan lele

Memberikan nilai tambah pada ikan lele

Setelah kita panen ikan lele, inilah saatnya bagi kita meraup keuntungan dengan menjual ikan lele. kita bisa menjualnya langsung kepasar, atau ke warung – warung makan di daerah anda. Tetapi jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih. Anda bisa memberikan nilai tambah pada ikan lele yang telah anda panen. Berikut ini adalah bisnis pemberian nilai tambah pada ikan lele yang bisa mendatangkan keuntungan berlimpah;

  • Bisnis makanan olahan ikan lele. Anda bisa memberikan nilai tambah dengan mengolah ikan lele menjadi makanan ringan seperti, nugget ikan lele, abon lele , ikan lele asap dan stick duri ikan lele.
  • Bisnis kolam pemancingan ikan lele. dengan membuat kolam pemancingan ikan lele anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari setiap ikan lele yang ditangkap. Ditambah anda mendapatkan keuntungan dari setiap pengunjung yang datang.
  • Export ikan lele ke manca negara. Perlu diketahui , harga jual ikan lele di luar negeri bisa 5 kali lipat dari harga jual di pasar Indonesia. Namun spesifikasi yang di minta di masing-masing Negara sangat berbeda dan cukup ketat. Ukuran  per satu ekornya harus mencapai 900 sampai dengan 1500 Gram, Bahkan  ada beberapa Negara yang memberlakukan  beratper 1 Kilo gramnya berisi 3 ekor, Berbentuk Fillet, Ikan lele harus benar-benar Fresh
    Higenis dan aturan packing lele yang cukup ketat.

 

Baca Juga

Cara Pintar Budidaya Ikan Lele – Ulasan lengkap dan informatif

Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan serta Bahayanya

Leave a Reply