Cara Budidaya Ikan Gabus, Informasi Lengkap Untuk Pemula

Budidaya ikan gabus merupakan sebuah kegiatan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Bisnis budidaya ikan gabus sangat menguntungkan, ini dikarenakan harga ikan gabus dipasaran yang sangat tinggi, bisa mencapai Rp70.000 per kilogram. Kebutuhan akan ikan gabus juga sangat tinggi, ini tak lepas dari khasiat daging ikan gabus yang terkenal bisa mempercepat penyembuhan luka. Ditambah lagi dengan masih minimnya pembudidaya ikan gabus, menjadikan ikan ini sangat laris di pasaran.

Budidaya ikan gabus hampir sama dengan budidaya ikan lele. Media kolam yang dipakai bisa menggunakan kolam terpal, kolam beton dan kolam tanah. Tetapi beberapa petani mengeluhkan sulitnya memberi makan ikan gabus. Dari info yang kami dapat, ikan gabus lebih menyukai pakan hidup ketimbang pelet. Dan peletnya pun harus yang berkualitas tinggi yang harganya mahal. Tak heran jika harga ikan gabus menjadi sangat mahal dibandingkan ikan lele.

Ikan gabus juga bersifat kanibal dan sangat agresif. Jika telat memberinya makan, mereka bisa memangsa temannya sendiri yang lebih kecil. Jadi sebelum meletakkannya di kolam pembudidayaan, ada baiknya anda mensortir benih ikan gabus yang memiliki ukuran yang sama untuk diletakkan di kolam yang sama. Tindakan pensortiran ini sebaiknya anda lakukan sebulan sekali agar kualitas ikan gabus yang dihasilkan berkualitas prima.

Cara budidaya ikan gabus

Persiapan kolam ikan gabus

Anda bisa menggunakan kolam terpal, kolam beton atau kolam tanah untuk budidaya ikan gabus ini. Dan sebelum kolam bisa ditebar benih ikan gabus, kolam terlebih dahulu dilakukan pengapuran dan diberi pupuk untuk menumbuhkan plakton, cacing dan lumut sebagai makanan alami ikan gabus.  Lama waktu pengapuran dan pemupukan adalah 3 – 7 hari. Kedalaman air kolam adalah 1 meter.

Penyebaran benih ikan gabus

Jika budidaya ikan gabus yang  anda kelola hanya pada proses pembesaran ikan gabus, maka anda bisa membeli benih ikan gabus di tempat pembibitan ikan gabus. Pilihlah benih yang baik, dengan menanyakan  riwayat induk dari benih tersebut kepada penjual.

Penyebaran benih ikan gabus sebaiknya pada waktu pagi hari. Jangan beri makan ikan gabus selama 2 hari setelah benih disebar. Kemudian baru diberi makan.

budidaya ikan gabus

www.snakeheadparadise.com

Jika kalian tidak ingin membeli benih ikan gabus tetapi ingin melakukan pemijahan sendiri, anda bisa melakukannya dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Memilih indukan ikan gabus yang baik. proses ini bisa dilakukan jika kalian sudah punya ikan gabus dewasa hasil pembesaran, jadi urutan yang baik untuk pemula adalah membeli bibit untuk dilakukan pembesaran, setelah berhasil mendapatkan induk yang baik, barulah melakukan pemijahan sendiri. Pilihlah induk ikan gabus dengan berat minimal 1 kilo.
  2. Indukan jantan dan indukan betina ikan gabus memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut, indukan jantan warna tubuhnya sedikit galap dan kepalanya cenderung berbentuk oval. Sedangkan indukan betina warnanya lebih terang dan kepalanya cenderung bulat.
  3. Siapkan kolam khusus pemijahan. Biasanya menggunakan kolam beton. Ukuran 7 x4 x 2 meter, dan isilah air sedalam 50 cm dengan air dibiarkan mengalir. Tutupi kolam dengan eceng gondok.
  4. Masukkan 30 indukan betina dan 30 indukan jantan ke dalam kolam dan biarkan sampai induk betina bertelur.
  5. Setelah mendapatkan banyak telur, pindahkan telur ikan keakuarium untuk dilakukan proses penetasan. Ukuran akuarium 65 x 45 x 45 cm, isi air setinggi 40 cm. Pasang pemanas air dengan suhu 28 derajat celcius.
  6. Telur ikan gabus biasanya akan menetas dalam waktu 24 jam dan menjadi larva ikan gabus. Larva yang baru jangan diberi makan dulu selama 2 hari.
  7. Larva yang sudah 2 hari, dipindahkan lagi ke akuarium yang lain dengan air sebanyak 1 liter per 5 ekor larva. Rawat larva tersebut selama 15 hari. Beri makan larva ikan gabus sebanyak 3 kali sehari. Bisa menggunakan nauplii Artemia atau pun daphnia.
  8. Jaga kualitas air di akuarium agar tetap bersih. Larva dengan usia lebih dari 14 hari, siap disebar ke kolam budidaya.
budidaya ikan gabus

s3.amazonaws.com

Pemberian pakan ikan gabus

Pakan utama ikan gabus budidaya adalah pelet. Tetapi seperti ikan lele, ikan gabus bisa diberi pakan alternatif seperti ikan teri, daging ikan curah, rayap, dan sisa daging ampas dapur. Jika anda ingin mencampurkan beberapa pakan, sebaiknya komposisinya adalah lemak 15 persen, protein 15 persen dan karbohidrat 10 persen.

Cara Panen ikan gabus

Ikan gabus bisa dipanen bertahap sesuai dengan permintaan pasar. Tidak seperti ikan lele yang harus dipanen berbarengan, ikan gabus lebih fleksibel. Jika permintaan pasar sedikit, anda bisa memanen ikan gabus sesuai kebutuhan saja, sisanya bisa terus anda budidayakan menunggu permintaan pasar selanjutnya.

 

baca juga

Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Serta Informasi Gizi Yang Terkandung

Ikan Gabus Terbesar dan Gambar Ikan Gabus

Latest Comments

  1. Noe October 31, 2017

Leave a Reply