Cara Mancing Ikan Nila dan Trik Membuat Umpan Paling Jitu

Cara mancing ikan nila – ikan nila merupakan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat indonesia. Penyebarannya sangat luas di indonesia. Anda bisa menemukan ikan nila dengan mudah di sungai-sungai dan danau-danau. Selain itu ikan nila juga dibudidayakan oleh petani lokal. Selain bisa mendatangkan keuntungan dari hasil menjual ikan nila, Petani juga bisa membuat kolam pemancingan ikan nila dan bisa mndapatkan keuntungan lain dari bisnis ini.

Cara mancing ikan nila yang sedang kita bicarakan ini sangat cocok untuk diterapkan disegala lokasi. Baik itu di sungai, danau maupun di kolam pemancingan. Yang terpenting adalah umpan yang akan anda gunakan. Semakin disukai umpan anda, semakin mudah anda mendapatkan hasil pancingan.  Karena ikan nila merupakan omnivora atau pemakan segala jadi banyak pilihan umpan yang bisa anda gunakan untuk mancing ikan nila.

Berikut ini tips dan cara mancing ikan nila yang telah kami rangkum;
  • Sebagai hewan omnivora, tentunya banyak pilihan umpan yang bisa anda gunakan untuk mancing ikan nila. Anda bisa menggunakan daun talas, lumut, pelet ikan, cacing dan juga umpan buata. Tetapi yang paling disukai ikan nila adalah lumut.
  • Biasanya ikan nila akan membuat lubang didasar kolam, sungai atau danau untuk tempat tinggal, perkawinan dan memijah. Jika anda jelih, cobalah mencari lobang tersebut di daerah tepian yang agak dangkal atau dikelilingi tanaman air.
  • Ikan nila mempunyai fisik yang kuat karena pada dasarnya ikan ini merupakan ikan yang terbiasa hidup liar di sungai-sungai afrika. Jadi, gunakan pancingan yang cukup kuat untuk menangkap ikan ini.
  • Ikan nila menyukai kondisi air yang keruh, jadi buatlah suasana kondisi air menjadi sedikit keruh. Tetapi jangan telalu berlebihan, anda juga harus memastikan terdapat banyak oksigen di dalam air, dengan membiarkan aliran air sungai lancar dan tanpa hambatan.
  • Jika anda menggunakan cacing sebagai umpan ikan nila, carilah cacing cau atau cacing yang hidup di pohon pisang yang sudah membusuk.
  • Yang terbaik dari umpan ikan nila adalah lumut.pilihlah lumut sungai yang masih segar. Tetapi anda harus mengolah lumut terlebih dahulu sebelum menjadikannya sebagai umpan. Caranya campur lumut dengan cuka dan garam agar umpan ikan nila menjadi jitu dan ampuh. Selain itu anda bisa mencampurkan lumut denga cacing atau pelet. Caranya, haluskan lumut terlebih dahulu kemudian campurkan dengan pelet atau cacing.
cara mancing ikan nila

finterest.com.au

  • Jika lokasi mancingnya di danau. Anda bisa menggunakan lumut sawah atau cacing laut sebagai umpan ikan nila. Gunakan lumut sawah yang sudah berusia dan ranum lumut ini biasanya berbentuk panjang sehingga mudah untuk di kaitkan ke kail. Cacing laut banyak ditemukan di sawah atau sungai-sungai kecil yang berdekatan dengan laut. Kerna bentuknya yang kecil, cacing ini mudah lepas dari kail.
  • Mancing ikan nila babon bisa menggunakan cutton bud atau streofoam. Caranya rankai cutton bud/streofoam dan kaitkan ke kail pancing.
  • Gunakan bandul kecil pada pancing yang anda gunakan, ini bertujuan agar sewaktu dilempar ke air, ikan nila tidak kabur karena tersentak suara bandul ke dalam air.
  • Cara cerdik lainnya dalam mancing ikan nila adalah melempar kail pancing dengan umpannya melewati kerumunan ikan nila sampai ke dasar air kemudian tarik pelan-pelan. Ini bertujuan untuk memberikan efek hidup pada umpan, sehingga ikan nila menyambar ikan tersebut.
  • Ikan nila selalu berenang bergerombol dan akan berenang ke tepian jika mencari makan. Kebiasaan ini bisa anda manfaatkan untuk menangkap ikan nila tersebut. Selain itu menangkap ikan nila pada saat hujam, lebih mudah. Air hujan dapat menambah oksigen di dalam air sehingga ikan nila mudah sekali lapar.
Membuat umpan ikan nila paling jitu

Umpan Pelet ikan nila

Menggunakan pelet sebagai umpan mancing ikan nila bisa dilakukan tetapi harus diolah terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan adalah pelet ikan jenis apapun. Air secukupnya.

Caranya adalah rendam pelet ikan ke dalam air panas. Diamkan selama 1 menit. Kemudian tiriskan. Selanjutnya remas-remas pelet tersebut satukan, buat menjadi padat dan kenyal. Kemudian bentuk adonan pelet tersebut menjadi bola-bola kecil dan kaitkan ke kail pancing. Untuk ukuran umpan, anda bisa sesuaikan dengan target ikan nila yang ingin anda tangkap.

Umpan mancing ikan nila buatan

  • Bahan yang digunakan, 200 gram tepung roti, 200 gram udang rebon segar, 2 butir telur bebek, vanili dan air secukupnya.
  • Cara membuatnya, campurkan telur bebek dan tepung, aduk hingga merata. Blender udang hingga halus dan tambahkan vanili. Campurkan adonan dan udang tadi dan tambahkan air sampai adonan tadi bisa dibentuk menjadi umpan ikan nila.

Demikian bahasan tentang cara mancing ikan nila dan trik membuat umpan paling jitu. Semoga bermanfaat anda Anda berhasil dalam mencobanya.

Leave a Reply