Cara Membuat Setrum Ikan Yang Mudah dan Efektif

Cara membuat setrum ikan pada dasarnya tidak begitu sulit. Dengan bahan elektronik sederhana atau bahkan dengan menggunakan CDI motor bekas,  anda bisa merakit sendiri alat setrum ikan. Alat setrum ikan biasanya digunakan untuk membuat ikan mengalami pingsan dan terdiam sementara. Dengan begitu, semakin mudah untuk menangkap ikan tersebut.

Cara membuat setrum ikan yang baik seharusnya jangan sampai berdampak membunuh ikan atau merusak lingkungan. Sebagian daerah di indonesia melarang menggunakan alat setrum ikan untuk menangkap ikan. Peraturan ketat tersebut terkait dengan kelestarian lingkungan. Jika tidak ada kontrol yang tepat dalam menggunakan alat setrum ikan ini, dikhawatirkan dapat merusak lingkungan sekitar.

Berikut ini cara membuat setrum ikan yang mudah dan efektif:

Bagian terpenting dalam pembuatan alat setrum ikan ini adalah emel yang dililit untuk dijadikan spul/travo. Besar kecilnya ukuran kawat email sangat berpengaruh terhadap output yang dihasilkan. lilitannya harus kencang dan banyak. Banyaknya kawat email harus sesuai dengan accu/bateree yang dipakai. Artinya ada perbedaan banyaknya kawat imail untuk satu batere 12 volt dengan menggunakan 2 batere 12 volt. Selain itu juga kualitas kawat yang baik juga menentukan kualitas alat setrum yang kita buat.

Bagian penting kedua adalah platina. Platina yang kita gunakan adalah CDI motor bekas. Berikut beberapa komponen atau bahan yang diperlukan untuk membuat alat setrum ikan sederhana :

  • Akumulator / Accu 10 Ah (akan jauh lebih maksimal jika memakai 2 accu)
  • CDI motor bekas sebagai platinanya (sebagai pemigu ggl)
  • Condensator (yang difungsikan sebagai filter atau peredam percikan yang tinggi)
  • Saklar (untuk menyalakan dan mematikan saluran accu yang menuju ke spool)
  • Stick dan Jaring (yang digunakan sebagai output dari rangkaian setrum ikan)
cara membuat setrum ikan dengan cdi motor

DHgate.com

Penggunaan CDI atau (capasitor discharge ignition) merupakan cara yang praktis karena pengguna bisa melihat dan mengontrol voltage dan frekwensi yang dikeluarkan oleh rangkaian. Jika semua sudah jelas, berikut cara bagaimana membuat coil atau kumparan untuk alat setrum ikan tadi.

  1. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu inti besi lunak, lalu lapisi inti besi tersebut dengan prespan (plastik mika). Jika anda tidak memiliki prespan, bisa juga menggunakan kertas semen bekas.
  2. Setelah itu gulung kawat email dengan susunan yang rapi tanpa adanya celah pada inti besi lunak yang sebelumnya sudah dilapisi prespan. Setelah gulungan sampai ujung, lapisi kembali dengan prespan atau kertas semen bekas di atasnya, lalu gulung kawat email kembali. Ulangi proses ini sampai dengan 3 lapis. Dan dua ujung kawat yang ada akan digunakan sebagai terminal kumparan primer.
  3. Langkah selanjutnya, gulung kawat email yang baru di atas lilitan primer yang sudah dibuat sebelumnya. Caranya sama, akan tetapi jumlah lapisan dibuat lebih banyak, mencapai 5 hingga 6 lapis. Dan kedua ujung kumparan tadi digunakan sebagai terminal coil sekunder.

Dalam proses pelilitan, ukur terlebih dahulu tegangan maupun arus output rangkaian yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan multimeter ataupun lampu bohlam.

Pada umumnya untuk ukuran kawat email yang digunakan sebagai kumparan primer berdiameter 0,6 mm. Sedangkan ukuran kawat email sekunder berdiameter 0,9 mm. Untuk mengubah besaran output dari rangkaian, bisa dilakukan perubahan terhadap perbandingan jumlah kumparan primer dan kumparan sekunder.

Selain itu mengubah output bisa juga dilakukan dengan cara mengganti besarnya diameter kawat email yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi singkat terkait cara membuat setrum ikan dengan CDI motor bekas ini dapat berguna untuk kita semua, khususnya para pembaca. Sampai jumpa.

Jika anda mau belajar tentang elektronikan lebih jauh. Kunjungi belajarelektronika.net, anda harus menggunakan alat setrum ikan ini sebijaksana mungkin. Hindari penggunakan alat ini di kolam ikan publik, sehigga dapat merugikan orang lain atau lingkungan. Selain itu, anda harus berhati-hati menggunakannya, jangan sampai alat ini mengancam keselamatan anda.

baca juga

Peralatan Pancing Laut
Mancing Ikan Mas Di Sungai
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Lomba
Bahan Umpan Mancing Ikan Mas
Umpan Mancing Ikan Nila Di Danau
Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam
Umpan Mancing Ikan Patin Harian
Umpan Mancing Ikan Lele Liar
Umpan Mancing Ikan Laut Pinggiran
Umpan Lomba Mancing Ikan Mas Super
Umpan Ikan Mas Dari Singkong
Racikan Umpan Ikan Mas Pake Salmon
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Pake Udang
Bahan Untuk Membuat Umpan Ikan Mas
Umpan Ikan Mas Pake Jagung
Umpan Ikan Mas Paling Jitu Untuk Lomba
Umpan Mancing Ikan Mujair Di Tambak
Umpan Jitu Ikan Lele Dumbo
Umpan Ikan Mas Paling Top
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Di Kolam
Umpan Ikan Tombro Lomba
Umpan Jitu Mancing Ikan Mas Di Kolam Pemancingan
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Terbaru
Umpan Ikan Mas Murah Meriah Tapi Jitu
Umpan Jitu Ikan Karper – Mancing Lebih Mudah
Umpan Ikan Gabus dan Tips Cara Mancing Ikan Gabus
Cara Membuat Setrum Ikan Yang Mudah dan Efektif
Ikan Gabus Terbesar dan Gambar Ikan Gabus
Racikan Essen Ikan Mas

Leave a Reply