Cara Ternak Ikan Mas Koki

Cara ternak ikan mas koki – Ternak ikan mas koki sebenarnya sangat mudah. Kita perlu menyiapkan beberapa perlengkapan untuk budidaya ikan ini. Persiapan yang paling mendasar adalah menyediakan akuarium dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. Jumlah akuarium yang bisa dipakai dapat 4 buah akuarium.Wadah akuarium yang dapat dipakai untuk memijahkan induk mas koki terlebih dulu diisi oleh air dengan ketinggian 20 cm.

 

cara ternak ikan mas koki

cara ternak ikan mas koki

 

 

Cara ternak ikan mas koki – Air di dalam akuarium, didiamkan sepanjang 1 hari. lantas diberi substrat seperti eceng gondok. Manfaat eceng gondok dipakai untuk tempelkan telur ikan koki serta untuk merangsang pemijahan.

Memilih indukan

Pemilihan indukan memang sangat penting untuk perhatikan, karena bibit indukan unggulan dapat menunjang keberhasilan dalam usaha budidaya ikan koki. nduk ikan yang dapat dipijahkan situasinya mesti sehat, lincah serta sudah masak telur (gonad).

Ikan Mas Koki jantan memiliki tubuh yang lebih ramping, sedangkan Ikan Mas Koki betina memiliki bentuk tubuh yang lebih tambun atau bulat. Sirip depan Ikan Mas Koki jantan memiliki bercak putih, sedangkan pada Ikan Mas Koki betina tidak memilikinya. Bentuk dubur Ikan Mas Koki jantan berbentuk oval dan rata, sedangkan Ikan Mas Koki betina lebih bulat dan menonjol.

Pemijahan Ikan mas Koki

Untuk pemijahan ikan koki, perbandingan antara ikan jantan dengan ikan betina adalah 1 : 2 atau dapat dikatakan bahwa ikan koki betina jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan ikan koki jantan.  Ukuran induk jantan dan betina harus sama. Waktu yang tepat untuk melakukan perkawinan anda ikan mas koki adalah menjelang subuh.

Telur  ikan mas koki yang dihasilkan bisa mencapai 3000 – 5000 telur dan biarkan sampaiu menetas. Dalam waktu 3 sampai 4 hari, telur akan menetas. Suhu air pada akuarium lebih kurang 24-28 derajat celcius. akuarium juga butuh diberi aerasi untuk mensuplai oksigen.

Perkembangan ikan mas koki

Sesudah menetas larva tetap memiliki kandungan kuning telur hingga belum butuh diberi pakan. Sesudah kuning telur habis larva dapat diberi saringan dapnia atau kuning telur ayam yang sudah direbus. Pemberian pakan anakan ikan mas koki sebaiknya 4 hari setelah menetas.

Berikan pakan sampai anakan koki berusia 10 hari. Setelah itu baru bisa diberikan cacing sutera sampai berusia 40 hari.

 

Baca juga

ikan koi termahal
jenis ikan koi
kolam ikan koi
harga ikan koi
budidaya ikan koi
jenis ikan arwana
jenis ikan hias

Leave a Reply