Habitat Ikan Lele

Habitat Ikan Lele – Ikan lele merupakan ikan air tawar yang berhabitat di perairan yang kotor. Ikan ini biasanya hidup di danau, sungai dan kolam. Ikan ini bisa di jadikan ikan hias salah satu jenis ikan konsumsi, ikan ini memiliki harga yang ekonomis. Maka banyak sekali saat ini orang membuka usaha budidaya ikan lele baik di kolam atau pun kolam tanah. Habitat ikan lele hidup di alam bebas hampir di perairan air tawar. Di dalam sungai ikan lele lebih banyak di jumpai di tempat-tempat yang aliranya tidak terlalu deras. Ikan ini lebih aktif di malam hari, jika siang ikan ini akan lebih diam. Ikan lele cocok di pelihara di kolam-kolam.

Habitat Ikan Lele

Habitat Ikan Lele

 

Untuk Habitat Ikan Lele biasanya  makanan ikan yang di sukai terdiri dari makanan hidup dan tambahan. Makanan tambahan seperti pelet, sisa dapur , bangkai ayam dan sebagainya. Ikan lele mampu bertahan hidup pada air yang tercemar. Ikan lele mencari makan di malam hari jika siang ikan ini akan berlindung di tempat yang gelap. Lele akan memijah pada musim penghujan. Lele mempunyai alat pernapasan tambahan yang disebut arborecent organ, yaitu alat pernapasan tambahan yang berlipat-lipat penuh dengan kapiler darah, yang terletak di bagian atas lengkung insang kedua dan ketiga, serta berbentuk mirip dengan pohon atau bunga-bunga. Oleh karena itu, lele dapat mengambil oksigen langsung dari udara dengan cara menyembul ke permukaan air.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Ikan Lele untuk Ternak

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan ikan lele untuk dilakukan budidaya :

  • Ikan lele sangat cepat dalam hal pertumbuhannya.
  • Ikan lele dapat hidup di berbagai jenis kondisi air, sekalipun air itu kurang dalam hal perputarannya, tetapi ikan lele dapat tetap hidup
  • Ikan lele mampu bertahan hidup walaupun ada diluar air dalam beberapa waktu
  • Ikan lele mudah untuk dijual karena banyak masyarakat yang memiliki minat yang tinggi terhadap ikan lele, seperti banyaknya rumah makan yang membutuhkan pasokan ikan lele.

 

Beberapa contoh diatas adalah beberapa kelebihan dari ikan lele yang dapat dijadikan sebagai patokan dan alasan anda hendak melakukan budidaya terhadap ikan lele. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan ikan lele khususnya untuk kekurangannya :

  • Ikan lele mengalami pertumbuhan yang cepat sehingga membutuhkan makan yang banyak pula
  • Ikan lele dapat melompat sehingga kemungkinan untuk keluar dari kolamnya juga cukup besar terutama ketika musim hujan tiba
  • Ikan lele akan mengandung bahan yang berbahaya jika perawatan dan pemberian makanannya tidak tepat.

 

Karena ikan lele dapat berkembang di perairan yang cukup kotor dan mengandung sedikit oksigen, hal ini yang membuat ikan lele dapat mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia yang memakannya.

Di beberapa daerah pemiliknya tidak begitu memperhatikan kebersihan dari ikan lelenya seperti misalnya menyatukan tempat untuk buang air besar dengan kolam ikan lele sehingga ikan lele dapat memakan kotoran manusia, atau juga kotoran lainnya sehingga yang membuat ikan lele dapat mengandung beberapa bakteri yang berhaya.

 

 

baca juga

Umpan Ikan Lele
Ikan Lele Terbesar
Pakan Ikan Lele Alternatif
fakta ikan piranha
pakan ikan mas
Umpan ikan tombro
Umpan ikan gabus
ikan gabus terbesar

Leave a Reply