Harga ikan koi dan Alasan Kenapa Ikan koi Sangat Mahal

harga ikan koi

Harga ikan koi terkenal sangat mahal. Fakta ini didasari oleh beberapa data jual beli ikan koi yang kami temukan. Harga ikan koi termahal  adalah seekor showa koi sepanjang  76 cm yang memenangkan kompetisi ikan koi tingkat nasional di jepang, pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Dijual 2 tahun kemudian seharga 17 juta yen atau sekitar 2 juta dolar pada saat ini. Hal ini menunjukkan betapa mahalnya harga seekor ikan koi di mata para pembeli.

Tetapi apakah setiap ikan koi pantas dinilai dengan harga yang sangat tinggi? Perlu diketahui, Ketika kita berbicara tentang ikan koi yang super mahal ini, kita tidak berbicara tentang ikan koi biasa yang dijual di toko ikan. Tetapi ikan koi yang berstandar tinggi. Mereka harus sempurna berdasarkan warna ukuran / bentuk tubuh, dan coraknya. Kemudian ikan koi tersebut bertanding dalam sebuah kompetisi ikan koi tingkat nasional. Dipamerkan dan dinilai oleh beberapa ahli dalam bidang ini. Dan dipilih yang terbaik dari seluruh peserta kompetisi tersebut.

Alasan Kenapa Ikan koi Sangat Mahal:

Warna ikan koi

Warna ikan koi mungkin adalah aspek yang paling penting bagi siapa saja yang memiliki ikan koi, itulah yang membuat mereka begitu cantik! Namun warna koi yang dipertandingkan pada kompetisi, pasti lebih dari sekedar cantik. Warnanya harus terlihat sama dari arah manapun ia terlihat. Warnanya harus dalam sehingga tidak menunjukkan warna putih saat ikan bergerak. Perlu diperhatikan bahwa, Koi dengan bintik warna kemungkinan akan kehilangan warnanya saat mereka bertambah tua.

Ukuran / Bentuk Tubuh

Contoh yang paling mengesankan dari ukuran Ikan koi adalah Big Girl, koi terbesar di dunia. Berat badannya mencapai angka sembilan puluh satu pound dan panjangnya empat puluh delapan inci. Big Girl juga memiliki bentuk tubuh yang ideal dengan bahu lebar, otot dada dan dada yang besar, dan dia suka menunjukkan dirinya berenang secara merata untuk memberi perhatian sebanyak mungkin. Namun ini saja tidak menjadikannya ikan ini bernilai jutaan dollar – tetapi ikan ini dihargai 40.000 dolar yang membuatnya jauh dari kisaran harga rata-rata.  Tapi tidak menjadikannya salah satu ikan koi super mahal.

Pola ikan koi dan jenis ikan koi

Pola atau corak ikan koi sangat berkaitan dengan jenis ikan koi. Setiap jenis ikan koi mempunyai klasifikasi harganya sendiri – sendiri. Ini tergantung selera dari pembeli. Pola ikan koi akan menjadi lebih baik dan lebih jernih seiring bertambahnya usia. Kejernihan, ketajaman dan keunikan pola ikan koi, menjadi hal yang diperhitungkan dalam menentukan harga ikan koi.

Kompetisi ikan koi

kompetisi ikan koi adalah ajang untuk memamerkan ikan koi terbaik yang anda miliki. Kompetisi ini juga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya pecinta ikan koi dari seluruh daerah. Di indonesia, kegiatan ini sering diselenggarakan oleh asosiasi pecinta koi indonesia (APKI). Kompetisi ini bertujuan memilih ikan koi terbaik dan tidak jarang terjadi jual beli atau lelang ikan koi dan menghasilkan harga ikan koi yang fantastis. Di jepang kompetisi ini diadakan setiap tahunnya, dan dari kompetisi itu lahirlah ikan koi termahal di dunia. Dengan mengikuti kompetisi ini, ikan koi akan mendapatkan nilai tambah dan harganyapun akan naik.

Berikut ini adalah informasi harga ikan koi termahal

  • Ikan mammoth – yang dijuluki Big Girl – berukuran sepperti anak umur 12 tahun. tiga kali lebih besar dari ikan koi lainnya di Inggris. Enthusiast Geoff Lawton membayar jumlah yang tidak diungkapkan untuk koi berusia 17 tahun ini dari peternak spesialis di Jepang. £ 30.000 plus pada spesimen seberat 90 lbs.
Ikan Koi termahal
sumber http://www.dailymail.co.uk/news/article-488131/British-fish-fan-splashes-worlds-largest-koi-carp.html

 

  • Seekor showa koi sepanjang 76 cm yang memenangkan kompetisi ikan koi tingkat nasional di jepang, pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Dijual 2 tahun kemudian seharga 17 juta yen atau sekitar 2 juta dolar pada saat ini.
  • Menurut Mid-Columbia Koi and Pond Club, Ikan koi pemenang The 2006 All Japan Show grand champion koi terjual seharga $365,000 dollars. Informasi ini saya kutip dari website ini
  • Pada tahun 2014, Ikan Koi yang paling mahal dibeli seharga $ 60.000, berusia delapan tahun dan panjang 36 inci.  anda bisa cek videonya dibawah ini

 

Baca juga;

Budidaya Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *