Ikan Arwana Silver, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya

ikan arwana silver

ikan arwana silver adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari lembah sungai amazon, amerika selatan. Ikan arwana ini biasa dijadikan alternatif dari ikan arwana asia yang harganya mahal dan barangnya belum tentu ada di pasaran. Sedangkan ikan arwana silver selalu siap dan harganya lebih terjangkau. Banyak pencinta ikan hias arwana juga memilih ikan arwan silver untuk dijadikan koleksi di akuarium. Karena bentuk tubuh dan keindahan sisiknya juga tidak kalah menawan dengan jenis ikan arwana asia.

Ikan arwana silver memiliki nama latin (Osteoglossum bicirrhosum ). pertama kali diperkenalkan pada tahun 1829 di Perancis oleh ahli zoologi George Cuvier. Arwana silver berasal dari Amerika Selatan dimana mereka secara alami menghuni dataran banjir dan daerah air tawar di Sungai Amazon dan lembahnya. di alam liar mereka mengkonsumsi ikan, serangga, laba-laba, burung, dan bahkan kelelawar.

Ciri fisik dari ikan arwana silver

Ikan arwana silver memiliki ciri fisik dagu yang lebih meruncing dari pada ikan arwana asia. Siripnya lebih panjang. Sirip punggung dari ikan arwana silver terlihat hampir terhubung dengan sirip ekor mereka. Betina cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih dalam daripada jantan, dan jantan memiliki rahang yang lebih panjang dibandingkan dengan betina.

Ikan arwana silver adalah ikan yang sangat besar yang biasanya mencapai 60 – 75 cm di akuarium bahkan bisa mencapai hingga 90 cm. Di alam liar, arwana silver ┬ábisa tumbuh sampai 120 cm panjangnya!

ikan arwana silver
www.monsterfishkeepers.com

Ikan arwana silver memiliki banyak variasi tetapi ini hanya dalam hal kecemerlangan dan dalamnya warna silver. Perbedaan Kecemerlangan ikan arwana silver sangat begitu begitu terasa, banyak penggemar ikan ini meningkatkan kecermelangan warna arwana silver melalui makanan spesial.

Variasi warna ikan arwana silver antara lain, perak, abu-abu terang atau yang agak sedikit kusam. Terdapat juga yang memiliki warna metal yang berkilau. Sebagian besar ikan arwana silver memiliki warna biru khas di balik insang. Sirip dan ekor arwana silver bisa berwarna merah atau biru di sepanjang tepinya.

Banyak penggemar ikan arwana mengklaim arwana silver sedikit lebih bersemangat dibanding ikan arwana asia. Mereka juga memiliki reputasi karena lebih mudah “dijinakkan”. Arwana silver sering dilatih untuk mengambil makanan langsung dari jari, sementara arwana asia tidak begitu jinak.

Cara merawat ikan arwana silver

Ikan arwana silver membutuhkan perawatan yang hampir sama dengan ikan arwana asia pada umumnya. Ikan ini membutuhkan akuarium yang besar supaya ikan arwana bebas bergerak dan berenang. Ini juga menghindari ikan arwana tidak stress.

Membutuhkan kondisi air yang bersih, dengan temperatur air khas iklim tropis yaitu 27 derajat celcius. Dengan ph air tidak terlalu asam ( ph 6,5 -7 ). Penting juga untuk menjaga air akuarium tetap bersih dengan menambahkan filter yang baik pada akuarium. Kebutuhan oksigen di dalam air juga sangat penting untuk dijaga.

Untuk makanan ikan arwan silver hampir sama dengan ikan arwana asia. Tetapi ukuran mulut ikan arwana silver, lebih kecil dari ikan arwana asia, jadi berikan makanan dengan bentuk sesuai dengan ukuran tersebut. Menu makanan ikan arwana silver seperti, cacing beku, udang segar, katak kecil dan jangkrik bisa menjadi pilihan utama.

Berikan makan minimal satu hari sekali, dan yang terpenting jaga terus kualitas air, jangan sampai tercemar oleh makanan ikan arwana. Perhatian yang baik terhadap kualitas air dan lingkungan akuarium dapat mencegah timbulnya penyakit ikan Droopy Eye. Ini adalah penyakit umum yang dialami ikan arwana silver.

 

baca juga

Ikan Arwana Golden Red, Informasi Harga dan Cara Merawatnya

10 Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawatnya

Harga Ikan Arwana Terbaru Berdasarkan Kualitasnya

Ikan Arwana Super Red, Ikan Hias Cantik Asli Indonesia

2 Comments on “Ikan Arwana Silver, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *