Ikan Arwana Super Red, Ikan Hias Cantik Asli Indonesia

Ikan arwana super red merupakan ikan arwana kualitas premium yang harganya selangit. Ikan arwana super red adalah ikan asli indonesia. Ikan ini menyebar luas di pulau kalimantan tepatnya di aliran sungai kapuan dan danau sentarum. Ikan arwana super red adalah penyebutan kualitas dari varietas ikan arwana merah. Ikan arwana merah sendiri terdiri dari 4 kualitas ikan yaitu golden red ( merah emas ), orange red ( merah orange ), blood red ( merah dara ) dan chili red ( merah cabai ).

Ikan arwana super red merujuk pada warna blood red atau chili red. Sedangkan untuk yang golden red atau orange red biasa direbut arwana merah grade 2. Ikan arwana akan menampakkan kecantikannya pada saat dewasa atau berusia 24 bulan. Semakin bertambah usia ikan arwana, semakin dalam warnaya.

Ikan arwana super red dewasa bisa mencapai panjang 60 sampai 80 cm. Disaat panjangnya 25 cm. Ikan arwan akan menampakkan ring di tubuhnya. Ring pada ikan arwana adalah warna mengkilap yang ada pada pinggir sisik ikan koi. Ring ini menambah kecantikan dari ikan arwan tersebut.

Ikan arwana asli indonesia ini, bisa mendatangkan keuntungan berlimpah karena harganya sangat mahal di pasaran. Banyak kalangan menengah keatas yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli ikan tersebut. Tentunya peluang tersebut tidak disia-siakan oleh petani lokal. Mereka membudidayakan ikan arwana merah ini dengan harapan bisa meraup keuntungan besar.

Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh ikan arwana super red ini. Anda bisa mulai memeliharanya di akuarium rumah anda sebagai koleksi pribadi. Tujuannya adalah untuk belajar, mengenal dan merawat ikan arwana. Dan juga bisa melestarikan ikan cantik asli indonesia ini.

Ada beberapa hal dalam pemeliharaan ikan arwana super red

ikan arwana super red

indoaqua.net

Persiapan akuarium maupun kolam ikan arwana

Jika hanya ingin memelihara ikan arwana, cobalah dengan menggunakan akuarium. Gunakan akuarium yang luas, supaya ikan arwana tidak stress. Yang paling penting adalah kualitas air akuarium harus baik. Ph air stabil di angka 6 -7. Punya filterisasi yang baik, Serta Kadar oksigen yang banyak.

Menyiapkan anakan ikan arwana

Anakan ikan arwana super red bisa anda beli di toko akuarum. Biasanya untuk anakan ikan arwana harganya lebih terjangkau api pada ikan yang dewasa. Pilihlah anakan ikan arwana yang sehat, lincah dan yang memiliki ukuran cukup besar, biasanya yang umum dijual dipasaran ukuran 10 – 12 cm.

Selain itu, sebelum membeli ikan arwana anda bisa mencoba memberi makan ikan tersebut. Ikan arwana yang sehat akan dengan gesit mengejar dan melahap makanan yang kita berikan.

Memberi makan ikan arwana

Beri makan ikan arwana setelah satu hari berada di tempatnya yang baru. Selanjutnya anda dapat memberi makan ikan arwana tersebut 2 kali sehari (pagi dan sore), dan beri makan secukupnya saja. Biasanya untuk ikan arwana anakan, cukup beri makan 1-2 ekor jangkrik setiap memberi makan. Porsi makan ikan arwana dapat anda sesuaikan dengan kondisi ikan arwana tersebut, tambahkan porsi makan seiring dengan pertumbuhannya.

Berikut ini menu makanan ikan arwana super red
  1. Cacing Darah Beku : makanan ini memiliki gizi yang bagus untuk ikan serta memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk mendapatkannya. Cacing darah beku sangat baik untuk diberikan pada jenis-jenis ikan arwana yang baru berukuran kurang lebih 8cm.
  2. Udang atau Ruuh : Udang merupakan makanan terbaik untuk Ikan Arwana karena baik untuk perkembangan sisik ikan arwana. Sebelum diberi makan udang, maka bagian sungut udang yang keras harus dibuang agar tidak merusak mulut ikan. Pemeberian udang bisa di selang seling dengan makanan lain.
  3. Katak Kecil atau Kodok : Pakan ini baik untuk memenuhi kebutuhan lemak dan protein ikan arwana. Sangat baik untuk pertumbuhan Arwana. Namun perlu digaris bawahi bahwa katak kecil tidak bisa dijadikan pakanan utama karena dapat merusak sisik jika dikonsumsi secara berlebihan.
  4. Jangkrik : Bisa dijadikan makanan utama ikan arwana. Hal itu karena jangkrik memiliki kandungan betakaroten yang berguna untuk menjaga warna sisik agar tetap baik dan cerah. Sebelum memberikan pakan ini untuk ikan, diharuskan memotong kaki jangkrik agar tidak merusak mulut dan perut saat dimakan oleh ikan.

 

Sebagai orang indonesia tentunya kita sangat bangga dengan ikan arwana ini. Sekarang tugas kita adalah melestarikannya, jangan sampai generasi cucu-cucu kita tidak bisa lagi menikmati keindahannya.

 

baca juga

Harga Ikan Arwana Terbaru Berdasarkan Kualitasnya

10 Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawatnya

Leave a Reply