Ikan Koi Termahal di Dunia dan Mengenal Budaya Ikan Koi di Jepang

ikan koi termahal

Ikan koi termahal dan budaya ikan koi di jepang merupakan dua hal yang saling berkaitan. Ikan koi termahal di dunia berasal dari jepang. Adalah seekor ikan showa koi dengan panjang  76 cm. Ikan koi ini telah memenangkan kompetisi tingkat nasional di jepang, pada tahun 1976, 1977, 1979, dan 1980. Dua tahun kemudian ikan ini dijual dengan harga 17 juta yen atau sekitar 2 juta dolar pada saat ini. Jika dirupiahkan, jumlah ini mencapai 26 milyar. Ini adalah jumlah yang fantastis untuk seekor ikan koi.

Pertanyaannya!! Kenapa masyarakat jepang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan ikan koi terbaik? Tentunya ini berkaitan dengan budaya ikan koi di jepang. Ikan koi sangat dihargai oleh masyarakat jepang. Tak heran jika harganya-pun menjadi sangat mahal.  Dalam budaya Jepang, ikan koi sangat simbolis yang terkait erat dengan identitas nasional negara tersebut.

Di negara jepang Ikan koi dianggap sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, dan nasib baik. Nama koi sendiri adalah bahasa jepang dan berarti ikan mas. Ikan mas koi pertama kali dibudidaya di Jepang pada tahun 1920an, di kota Ojiya di Prefektur Niigata, yang terletak di pesisir timur laut Pulau Honshu. Beragam ikan koi baru diperkenalkan pada dunia luas diawal abad 20. Dan pertama kali dipamerkan pada pameran tahunan di Tokyo.

ikan koi termahal
ikan koi termahal

Popularitas ikan koi sebagai ikan hias cepat menyebar ke seluruh Eropa dan seluruh dunia, banyak para penikmat ikan hias dari seluruh dunia mulai mencari informasi tentang ikan koi dan mencoba berbudidaya ikan koi. Ini menyangkup semua jenis ikan koi,  kecuali salah satu varietas koi Nishikigoi modern. Ikan koi jenis ini hanya dibudidaya dengan jumlah terbatas di Prefektur Niigata.

Ikan koi sangat berkaitan erat dengan budaya masyarakat jepang. Berikut ini bebrapa keyakinan masyarakat jepang terhadap ikan koi.

Ikan koi simbol Ketekunan

Pertama, iKan koi menandakan ketekunan, karena kecenderungan ikan untuk berenang ke hulu, tidak pernah berhenti bergerak, dan berbalik.  hanya “berjalan dengan arus.” Simbolisme ini mewakili bagaimana seseorang dapat tetap kuat dalam menghadapi kesulitan, tidak pernah menyerah, dan mengembangkan kekuatan karakter, tujuan dan kesuksesan tertinggi melalui ketekunan.

ikan koi simbol Kekuatan

Koi adalah simbol kekuatan dan keteguhan yang sama dalam menghadapi kesulitan, dan sifat yang sangat dikagumi yang tersisa kuat saat menghadapi rintangan yang buruk. Gambaran koi kolam hulu sering digunakan untuk melambangkan mengatasi rintangan, dan kemenangan tertinggi dalam menghadapi kesengsaraan.

Koi sebagai seorang ksatria Samurai

Dikatakan bahwa Koi berenang ke sungai dan memanjat air terjun dengan keberanian yang tidak berbeda dengan seorang prajurit Samurai. Juga, dikatakan bahwa jika Koi tertangkap, ia akan terbaring diam di bawah pisau, menghadapi kematiannya dengan gagah seperti Samurai yang berhadapan dengan pedang.

Budaya Tato di Jepang

Tato adalah bentuk seni sejarah Jepang, yang berawal dari afiliasi kelompok dan budaya. Sementara tato dekoratif murni sama populernya di Jepang karena di tempat lain di dunia ini, dalam budaya tradisional Jepang, tato adalah proses spiritual dan sangat berarti yang tidak dilakukan dengan mudah. Tato ikan koi digunakan untuk melambangkan transformasi dan perubahan, dan bagaimana melalui ketekunan dan kerja keras, koi dapat mendaki air terjun yang curam atau berkembang menjadi naga, simbol penting budaya Jepang lainnya.
Koi juga mewakili kebijaksanaan, pengetahuan, spiritualitas, kesetiaan, dan umur panjang.

Warna

Warna juga relevan bila menyangkut tato koi tradisional Jepang dan karya seni koi lainnya dan simbolisme. ikan Koi hitam melambangkan cinta dan mengatasi kesengsaraan sementara koi biru digunakan sebagai simbol tradisional maskulinitas dan kejantanan. Koi merah digunakan untuk menunjukkan energi.

bendera ikan koi
bendera ikan koi

Bendera dan Simbol Negara

Beberapa spesimen ikan koi yang paling berharga di dunia adalah koi yang memiliki tubuh putih murni, dengan satu titik merah di kepala, disebut Tancho koi ini dianggap sebagai simbol bendera Jepang, dan dianggap sebagai pertanda yang sangat bagus dan simbol yang sangat patriotik.

 

baca juga

Mengenal Beragam Jenis Ikan Koi Yang Ada di Indonesia

Harga ikan koi dan Alasan Kenapa Ikan koi Sangat Mahal

Budidaya Ikan Koi Serta Panduan Lengkap Cara Merawatnya

Membuat Kolam Ikan Koi dan Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

One Comment on “Ikan Koi Termahal di Dunia dan Mengenal Budaya Ikan Koi di Jepang”

  1. Saya baru tahu nih ternyata warna pada tubuh ikan koi ada artinya. Wah, seekor koi bisa berharga 26 miliar benar2 ajib deh. Kadang ga habis pikir, kok bisa muahhhal banget ya? Karena simbol-simbol penting juga sepertinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *