10 ikan Lele terbesar di dunia yang berhasil ditangkap

ikan lele terbesar

Ikan lele terbesar – ikan lele merupakan hewan omnivora. Ikan lele bisa makan apa saja baik itu sayur sayuran, atau daging hewan yang ukurannya lebih kecil darinya. Ikan lele bisa makan dengan jumlah tidak terbatas setiap harinya, dan berkembang sangat cepat. Ikan lele juga mempunyai sifat kanibal, artinya lele bisa memakan ikan lele lainnya. Dengan pola makan seperti ini, Ikan lele berpotensi menjadi ikan monster dan mempunyai ukuran yang besar.

Berikut ini ikan lele terbesar di dunia yang berhasil ditangkap

Ikan lele biru (blue catfish)

Ikan Lele biru berasal dari sistem sungai Mississippi, Missouri dan Ohio – membentang ke utara ke South Dakota dan selatan ke Meksiko dan Guatemala utara. Lele biru sering berada di daerah yang dalam dari sungai dan danau besar, namun juga ditemukan di daerah dengan arus cepat, di mana mereka mencari makanan yang lewat, baik yang hidup maupun mati.

ikan lele terbesar - ikan lele biru
ikan lele terbesar – ikan lele biru

Rekor ikan lele terbesar untuk seekor ikan lele biru yng berhasil ditangkap adalah  64.86 kilograms (143 pounds) di negara bagian virginia. Ikan ini ditangkap oleh Nick Anderson.  Anderson mengatakan bahwa ikan tersebut tertangkap di dekat daerah Pulau Kambing dekat Clarksville Virginia dengan menggunakan pancing Ugly Stik, sebuah reel memancing Shimano dan pancing pancing 30 pon. Butuh kira-kira empat puluh lima menit bagi para pemancing untuk menggandeng monster ini ke dalam perahu.  Ikan itu bersertifikat, dengan berat 143 pound dengan panjang 57 inci dan ketebalan 47 inci.

Ikan lele sungai ( the channel catfish)

Ikan lele sungai adalah salah satu spesies ikan lele yang paling populer di Amerika Utara. Ikan lele ini secara luas ditemukan dihampir semua danau air tawar, sungai dan kolam di Amerika Serikat, Kanada bagian selatan dan utara Meksiko. Lele saluran dapat dibedakan dari tubuh yang terlihat dan ekor bercabang yang dalam. Ikan kecil, krustasea (udang karang), dan serangga hidup atau mati yang ada di sungai adalah beberapa makanan favorit ikan lele ini.

Rekor ikan lele sungai terbesar adalah 26.3 kilograms (58 pounds), Santee-Cooper Reservoir, S.C., USA.  Ikan ini ditangkap oleh W.H. Whaley pada juli 1964

Ikan lele Flathead (Flathead Catfish )

Spesies ikan lele ini adalang yang terbesar kedua di Amerika Utara. Ikan lele flathead adalah ikan air tawar yang sangat populer dan berhabitat secara alami ke seluruh Amerika Serikat dan Meksiko utara. Ikan lele flathead umumnya berwarna kuning dan cokelat berbintik. Kepalanya datar, mata berbentuk oval dan rahang bawah yang menonjol, sehingga mudah dikenali. Ukurannya yang besar dan dagingnya yang lezat membuat flathead sangat populer dengan pemancing.

Rekor ikan lele flathead terbesar yang berhasil ditangkap pada tanggal 14 Mei 1998, dari Reservoir Kota Elk, Kansas, dan beratnya 56 kg (123 pon), catatan lain untuk ikan lele flathead terbesar adalah pada di tahun 1982 ditarik dari sungai Arkansas yang berukuran 175 cm (69 inci) dan beratnya 63,45 kg (139 pon).

ikan lele ternbesar - goonch
ikan lele terbesar – goonch

Ikan lele Goonch (Bagarius bagarius )

Ikan lele Goonch umumnya dikenal sebagai Devil Catfish, Goonch adalah spesies ikan lele misterius yang mendiami sungai berbatu yang mengalir deras di sungai Gangga, sungai Mekong dan Chao Phraya di Asia tengah, dengan beberapa spesimen terbesar yang diambil dari India. dengan ukuran melebihi 45 kilogram (100 pon). Ukurannya yang besar, mulutnya yang sangat besar, dan mata yang indah menambah daya tarik bagi banyak pemancing. Dari fakta terungkap bahwa kulit di bagian bawah tubuh ikan lele ini bisa menyesuaikan dengankeadaan sekitar, menjadi bergelombang sehingga terlihat seperti batu.

Ikan lele Goonch terbesar  dengan berat 105 kilo (230 lb) ditangkap di Sungai Jamuna, Bangladesh.

Lau-Lau (Piraiba)

Lau-lau, atau piraiba, adalah spesis ikan lele terbesar di buku catatan IGFA, namun ada spesimen yang lebih besar lagi yang dilaporkan dalam kisaran 200 kilogram (440 pon). Ikan lele mendapat reputasi buruk sebagai pemakan manusia. Tersebar luas di Amerika Selatan – membentang ke utara dari lembah Sungai Amazon dan Orinoco sampai ke selatan sampai Argentina.

Pada tahun 2009, ikan lele lau-lau (atau piraiba) dengan berat hampir 342 pon (155 kg) ditangkap di wilayah Amazon Brasil.

Pada bulan Februari 2007, Russell Jensen dari Bronx, New York, melakukan perjalanan dengan ke Rio Travessao di hutan Amazon di Brasil untuk menangkap spesimen piraiba seberat 295 pon.

ikan lele mekong
ikan lele mekong

Lele Mekong raksasa (Giant Mekong Catfish)

Ikan Lele Mekong adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia. bisa ditemukan sepanjang sungai di lembah Mekong di Asia. Salah satu karakteristik yang paling mengesankan dari ikan lele raksasa ini adalah kemampuannya untuk tumbuh dengan kecepatan luar biasa. Bisa mencapai berat 150-200 kilogram hanya dalam enam tahun. spesies ini makan zooplankton di sungai, Setelah kira-kira satu tahun, ikan menjadi herbivora atau pemakan tumbuhan.

Ikan lele mekong terbesar yang berhasil ditangkap adalah seberat 646 pon ( 293 kg ) dengan panjang 2,7 meter, pada tahun 2005 di thailand.

Redtail Catfish (Pirarara)

Ikan pirarara atau ikan lele redtail adalah salah satu ikan lele yang paling berwarna-warni. Ikan ini biasa ditemukan di Amazon dan Orinoco. habitat asli ikan lele redtail adalah di sungai dan danau yang besar. Lele redtail adalah omnivora, makanannya bisa meliputi ikan, kepiting dan buah-buahan.

Ikan terbesar yang pernah ditangkap seberat 56 kilograms (123 pounds, 7 ounces), di Rio Amazonas, Amazonas, Brazil.

Lele sharptooth  (Sharptooth Catfish)

Ikan lele ini tersebar luas di afrika, lele sharptooth ditemukan di seluruh zona savana hutan di wilayah Afro-tropis dari Sungai Nil sampai ke selatan. Ikan ini dapat hidup dikondisi lingkungan yang ekstrim. Terdapat organ pernapasan aksesori pada ikan lele ini, memungkinkan spesies ini menghirup udara saat sedang aktif atau dalam kondisi air yang keruh atau kekeringan

Terbesar adalah seberat 36 kilogram (79 pon ) ditemukan di Orange River, Upington, afrika selatan.

Tiger Shovelnose Catfish

Ikan lele ini awalnya ditemukan di Amazon di cekungan La Plata, Corintijns, Essequibo, Orinoco dan Paraná. Namun, mereka sekarang dapat ditemukan di sejumlah tempat lain di seluruh dunia. Ikan lele ini mempunyai garis besar atau berbintik-bintik. ikan lele tiger Shovelnose Catfish dapat tumbuh dengan cepat dan bisa sangat besar hingga mencapai panjang minimal 1,2 meter.  Dan Ada laporan bahwa mereka bisa tumbuh dua kali lipat dari ukuran ini.

Rekor terbesar seberat 53.5 kg (117 pon), ditangkap di Rio Parana, Corrientes, Argentina

ikan lele terbesar - ikan lele wels
ikan lele terbesar – ikan lele wels

Ikan lele wels

Ikan lele wels adalah spesies ikan lele besar yang berasal dari daerah yang luas di tengah, selatan, dan timur Eropa, di Laut Baltik, laut Hitam, dan Laut Kaspia. Sekarang bisa ditemukan di Inggris sepanjang jalan timur ke Kazakhstan dan China dan selatan ke Yunani dan Turki. Ini adalah ikan air tawar tanpa sisik yang bisa dikenali oleh kepalanya yang datar dan rata. ikan lele ini bisa hidup paling tidak lima puluh tahun.

Rekor ikan lele ini adalah 134.97 kilograms (297 pon), di River Po, Italy

 

baca juga

7 Ide Pakan Ikan Lele Alternatif yang Bisa Dicoba

Cara Bisnis Ternak Ikan Lele dan Analisa Keuntungannya

Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan serta Bahayanya

Cara Pintar Budidaya Ikan Lele – Ulasan lengkap dan informatif

2 Comments on “10 ikan Lele terbesar di dunia yang berhasil ditangkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *