12 Fakta Menarik dari Ikan Piranha

Ikan Piranha adalah jenis ikan air tawar yang mempunyai gigi tajam dan rahang yang kuat. Meskipun ikan piranha sering digambarkan sebagai predator yang mengerikan, Tetapi kebiasaan makan mereka sangatlah bervariasi dan mereka juga memakan tumbuhan. Para peneliti menggolongkannya sebagai ikan omnivora.

Ikan piranha bisa ditemukan di perairan amerika selatan. Ikan piranha berasal dari lembah amazon, di orinoco. Kemudian menyebar ke sungai guianas , sungai di paraguay, sungai parana (brazil, argentina , paraguay ) dan di aliran sungai sao francisco (brazil ).

Banyak orang menyangka jika ikan piranha sangatlah mengerikan. Digambarkan bahwa jika Sekali anda tercebur ke sungai amazon, anda akan habis di makan ikan piranha. Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Masih banyak misteri tentang ikan piranha ini tetapi beberapa fakta menarik dari ikan piranha dibawah ini, mungkin akan merubah penilaian anda terhadap ikan piranha;

1. Reputasi buruk ikan Piranha sebagian merupakan kesalahan Teddy Roosevelt

Ketika Theodore Roosevelt melakukan perjalanan ke Amerika Selatan pada tahun 1913, ia menemukan ikan piranha ini dan menuliskan kisahnya dalam sebuah buku “Through the Brazilian Wilderness”. Buku ini menjadi bestseller. Theodore Roosevelt bercerita tenteng keganasan ikan piranha.

Dalam komentarnya  “Mereka adalah ikan paling ganas di dunia. Bahkan ikan yang paling tangguh sekalipun, hiu atau barracudas, biasanya menyerang benda-benda yang lebih kecil dari pada diri mereka sendiri. Tapi piranha biasa menyerang benda-benda yang jauh lebih besar dari pada diri mereka sendiri”

Roosevelt juga menceritakan kisah tentang piranha yang melahap seekor sapi. Menurut Mental Floss, penduduk setempat membuat pertunjukan untuk Roosevelt, mereka menangkap beberapa ikan piranha. Dan menyimpan ikan itu tanpa diberi makan. mereka melempar seekor sapi mati ke sungai dan melepaskan ikan yang kelaparan tersebut yang secara alami melahap bangkai tersebut sampai habis.

2. ikan Piranha telah tinggal di Amerika Selatan selama jutaan tahun

30 spesies ikan piranha mendiami danau dan sungai Amerika Selatan. Bukti fosil menunjukkan  nenek moyang piranha telah ada 25 juta tahun yang lalu di perairan amerika selatan ini. Namun penelitian lain menunjukan jika genera piranha modern hanya sekitar 1,8 juta tahun.

Sebuah studi di tahun 2007 menunjukkan bahwa spesies genera piranha modern ini menyimpang dari nenek moyangnya sekitar 9 juta tahun yang lalu. Selain itu, Samudra Atlantik naik sekitar 5 juta tahun yang lalu, dan menjadi dataran amerika selatan saat ini. Analisis genetik menunjukkan bahwa piranha yang hidup di atas 100 meter di Amazon baru sekitar 3 juta tahun.

3. ikan Piranha yang ditemukan di luar Amerika Selatan sebelumya adalah hewan peliharaan

Ikan piranha juga menarik perhatian para pencinta ikan hias. Mereka mendatangkan ikan piranha dari tempat asalnya dan meletakkannya di aquarium. Dan ketika pertumbuhan ikan piranha ini tidak terkendali, mereka memutuskan untuk melepasnya ke alam liar. Dan, Dengan cara inilah, ikan piranha dapat muncul di perairan di seluruh dunia dari Inggris ke China sampai Texas. Adalah ide buruk, melepas ikan piranha ke alam liar, karena ikan ini sangat ganas.

4. Gigi ikan piranha yang kuat ternyata mengalami pergantian beberapa kali

Ikan piranha mempunya gigi yang tajam dan rahang yang kuat. Menghasilkan gigitan yang sangat kuat. Bentuk gigi piranha sering dibandingkan dengan pisau dan disesuaikan dengan pola makan daging mereka. Struktur enamel gigi mirip dengan ikan hiu.

gigi ikan piranha

gigi ikan piranha – travel mongabay.com

Piranha mengganti gigi beberapa kali sepanjang masa hidup mereka. biasanya yang berusia mencapai delapan tahun jika di penangkaran.

5. kekuatan gigitan ikan piranha

Dalam sebuah studi tahun 2012 di Scientific Reports, para peneliti menemukan bahwa piranha hitam (atau redeye) (Serrasalmus rhombeus) – spesies modern terbesar – mempunyai kekuatan gigitan maksimum 72 pon (tiga kali berat tubuhnya sendiri).

Nenek moyang Purba yang berusia 10 juta tahun, Megapiranha paranensis, memiliki kekuatan gigitan rahang –sebesar 1.068 pon Sebagai referensi, M. paranensis saat hidup beratnya hanya 10 kilogram (sekitar 22 pon), jadi kira-kira 50 kali berat badannya.

6. Memangsa Manusia atau binatang lainnya hanyalah jika mangsa ini sudah mati atau sekarat

Ini adalah fakta yang mungkin tidak anda sangka. Sangat kontras dengan gambaran film holywood. Beberapa ahli memperkirakan, untuk bisa memaka 180 pon berat manusia dalam waktu 5 menit, membutuhkan setidaknya 300 – 500 piranha. Dan ikan piranha baru mau memakannya jika manusia sudah sekarat atau mati.

7. Beberapa ikan piranha adalah kanibal

Makannan ikan piranha biasanya adalah serangga, ikan, krustacea, cacing, bangkai, biji bijian dan tanaman lainnya. Sebuah piranha merah-bellied (Pygocentrus nattereri), misalnya, makan sekitar 2,46 gram per hari – sekitar seperdelapan dari massa tubuh rata-rata. Ketika tidak terdapat banyak makanan dan persaingan yang ketat antara sesama piranha. Mereka bisa menjadi ikan kanibal.

8. Terdapat ikan piranha vegetarian

Ikan piranha adalah omnivor. Memakan daging dan tanaman, dan beberapa bahkan hanya mengandalkan tanaman saja. Misalnya, di lembah Amazon di lembah Trombetas di Pará, Brasil, para ilmuwan menemukan bahwa Tometes camunani hanya hidup dari makan tanaman yang ada di sungai.

Keluarga terdekat Piranha, ikan pacu atau tambaqui (Colossoma macropomum), juga hidup dengan pola makan tanpa daging. Pacus sangat mirip dengan beberapa spesies piranha dalam ukuran dan pewarnaan dan sering dijuluki “piranha vegetarian”.

9. Saat berburu mangsa, piranha mencari ekor dan mata

Sebuah studi tahun 1972 tentang piranha menemukan bahwa ikan ini paling sering menyerang ikan mas di laboratorium yang diawali dengan ekor atau mata mangsanya. Para peneliti menyimpulkan bahwa strategi serangan semacam itu akan secara efektif melumpuhkan lawan-lawan piranha dan terbukti berguna untuk bertahan hidup.

10. ikan Piranha bergerak secara bersama untuk keamanan, bukan kekuatan

Tidak seperti yang disangkakan jika piranha sangat kuat karena mereka selalu bersama dalam berburu makanan. Tetapi mereka melakukanya demi keselamatan. Mereka membentuk formasi dimana ikan yang lebih besar dan lebih tua berada di pusat dan ikan muda di tepi luar. Ini menunjukkan bahwa keselamatan merupakan motivasi sebenarnya.

Pada tahun 2005, para ilmuwan meneliti formasi ini. Dan menemukan bahwa ikan tersebut bernafas lebih mudah dalam kawanan yang lebih besar dan merespons dengan lebih tenang terhadap serangan predator.

11. ikan piranha hanya akan menyerang jika Anda mengganggu mereka (atau telur mereka)

Meskipun piranha digambarkan sangat ganas dan suka menyerang, tetapi tidak banyak bukti yang mendukung itu. Ikan piranha akan meninggalkan Anda sendirian jika Anda membiarkannya sendiri.

Bagi perenang amerika selatan, bahaya ikan piranha akan datang saat tingkat air rendah, atau Anda mengganggu bibitnya yang terbenam di dasar sungai. Ian akan menjadi lebih agresif saat mereka merasa sangat terancam atau sangat lapar.

ikan piranha - masakan

ikan piranha – masakan

12. ikan piranha dimasak dan dijadikan sup

Di beberapa bagian Amazon, makan piranha dianggap tabu , sementara yang lain yakin itu adalah racun. Sup piranha sangat populer di wilayah Pantanal Brasil, namun banyak memilih untuk menyajikan ikan piranha yang dibakar pada daun pisang dengan tomat dan jeruk nipis untuk hiasan.

Latest Comments

  1. Liswanti October 19, 2017

Leave a Reply