Inilah Umpan Ikan Tombro Yang Wajib Dicoba, Alami dan Racikan

Umpan ikan tombro terbaik untuk mancing di sungai maupun di kolam pemancingan, bisa menggunakan umpan alami maupun racikan. Pada dasarnya ikan tombro adalah ikan mas. Ikan tombro merupakan ikan yang banyak dikonsumsi orang indonesia. Ikan ini mudah untuk dibudidaya. Tetapi terdapat juga yang hidup liar di sungai-sungai dan danau-danau seluruh indonesia.

Umpan ikan tombro yang baik sangat diperlukan oleh anda yang hobi mancing, baik di kolam pemancingan, sungai maupun danau. Dengan umpan yang baik, memberi kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil menangkap ikan tombro. Bagi pemancing di alam liar, bisa menangkap dan membawa pulang ikan tombro adalah sebuah kepuasan, selain itu juga bisa menikmati dagingnya bersama keluarga di rumah. Apalagi bagi pemancing yang menang dalam lomba galatama, pasti sangat bangga dan sangat puas.

Ikan tombro atau ikan mas merupakan hewan omnivora. Artinya bisa makan apa saja, baik itu tumbuhan air, lumut, cacing, ulat daun pisang, kroto, sekam padi maupun pelet ikan. Jadi banyak pilihan umpan yang bisa digunakan untuk menangkap ikan tombro. Dan tentunya para pemancing cenderung memilih umpan yang paling disukai ikan tombro untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa umpan ikan tombro yang alami maupun racikan;

Umpan ikan tombro alami

umpan ikan trombi - kroto

juaka.top

Umpan ikan tombro alami maksudnya adalah makanan alami dari ikan tombro. Tanpa racikan apapun. Biasanya digunakan oleh pemancing pemula. Aroma umpan yang dihasilkan adalah aroma yang alami, tanpa ditambah apapun. Dan terdapat efek gerak hidup dari umpan tersebut, sehingga lebih menarik perhatian ikan tombro untuk menyergapnya. Berikut umpan alami ikan tombro;

  1. Cacing – umpan ini sangat alami dan disukai oleh semua jenis ikan. Bau yang alami dan memiliki efek gerak jika dijadikan umpan mancing. Biasanya banyak digunakan oleh pemancing pemula. Cacing yang digunakan biasanya adalah cacing sutera dan cacing tanah.
  2. Kroto – Kroto adalah telur semut rang-rang. Ukuran telurnya sangat besar dari ukuran semut lainnya. Kroto mengandung protein yang sangat tinggi. Saat ini sudah banyak peternak kroto karena selain menjadi umpan ikan, kroto bisa dijadikan makanan burung. Anda bisa membeli umpan ini di pembudidaya kroto. Kalau ingin yang gratis, Anda bisa mencarinya sendiri di pohon-pohon yang rimbun, tetapi anda harus berhati-hati, karena gigitan semut ini sangat menyakitkan.
  3. Ulat daun pisang – ikan tombro sangat menyukai ini. Alasanya karena ulat ini mempunyai nutrisi yang baik untuk ikan tombro. Anda bisa mencarinya sendiri di perkebunan pisang di sekitar anda. Jika anda mendapatkan daun pisang yang menggulung, biasanya terdapat ulat di dalamnya.

Umpan ikan tombro racikan

Umpan ikan tombro racikan biasanya menggunakan pelet sebagai bahan utama. Anda bisa mendapatkan pelet ikan mas di toko pertanian ikan. Bahan lain yang digunakan adalah telur ayam/bebek dan essen untuk memperkuat aroma umpan.

umpan ikan tombro

YouTube.com

Resep umpan ikan tombro pertama

Bahan-bahan ; Pelet pf-1000, Pelet baby, Kuning telur ayam atau bebek, Tepung roti dan tepung udang, Ikan asin, Telur semut atau kroto, dan madu.

Cara membuatnya ; semua bahan dicampurkan menjadi satu, kecuali madu. Setelah semuanya tercampu menjadi satu adonan, baru kemudian ditambahkan madu. Kukus adonan selama satu jam, kemudian angkat dan dinginkan. Bentuk adonan sesuai keinginan, dan umpan ikan tombro sip digunakan.

Resep umpan ikan tombro kedua

Bahan-bahan : 1 bungkus deho, Paikin biru, 3 butir telur bebek (ambil kuningnya), 1 bungkus susu bubuk putih, kroto secukupnya dan air panas.

Cara membuatnya : haluskan paikin dan campurkan dengan susu bubuk putih. setelah itu masukan deho dan aduk hingga rata. Kemudian Masukan kuning telur dan aduk hingga rata kembali. Yang terakhir, masukkan kroto dan aduk kembali hingga merata.

kukus adonan tadi selama 10-20 menit. setelah dingin bentuk adonan sesuai keinginan dan umpan ikan tombro siap untuk digunakan.

Resep umpan ikan tombro ketiga

Bahan-bahan : Satu butir telor asin atau telur ayam. Satu sachet biskuit rasa kelapa atau vanila atau susu. Pelet mancing satu sachet, Air panas secukupnya.

Cara membuatnya : ambil biskuit sebanyak yang diinginkan kemudian haluskan. Campur adonan biskuit dengan telur ( tanpa dibuang putihnya ). Berikan air hangat pada adonan secukupnya. Kemudian masukkan pelet ke dalam adonan, aduk hingga merata. Adonan jangan terlalu keras atau terlalu lembut. Tambahkan air hangat jika adonan keras. Bentuk adonan sesuai keinginan, dan umpan siap digunakan.

Resep umpan ikan tombro keempat

Bahan-bahan : 3 butir telur bebek ( ambil kuningnya ), Deho 3 sendok makan, Essen wijsman ½ sendok teh, Essen katilayu ½ sendok teh, Keju apel secukupnya, Susu bubuk 5 sendok makan, Jagung tumbuk 1 ons, Kinoy secukupnya.

Cara membuatnya : ambil kuning telur bebe kemudian campur dengan eho, essen wijsman, essen katilayu, keju apel, susu bubuk, kemudian aduk sampai merata. Tambahkan jagung tumbuk dan kinoy secukupnya dan aduk hingga merata. Masukkan ke dalam kantung plastik, kemudian kukus hingga 10-20 menit. Dan umpan siap digunakan.

 

Demikanlah informasi menarik tentang umpan ikan tombro. Anda bisa mencobanya di rumah dan buktikan keampuhannya. Semoga bermanfaat dan Kami berharap anda mendapatkan hasil tangkapan yang baik.

Leave a Reply