10 Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Cara Merawatnya

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias paling mahal di dunia. Ada 10 jenis ikan arwana yang biasa dijadikan ikan hias. Kesepuluh ikan arwana ini berasal dari 4 benua yang berbeda. 6 jenis dari Asia, 2 jenis dari amerika selatan, 1 jenis dari australia, dan 1 jenis dari afrika.

Ikan arwana sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Mereka menyukai ikan ini karena bentuk dan warnanya yang indah. Setiap jenis ikan arwana mempunyai panjang tubuh dan warna yang berbeda. Walaupun mereka masih satu famili tetapi berbeda genus. Ikan arwana asia misalnya memiliki tubuh yang panjang, sirip dada yang besar dan memanjang, sirip punggung dan sirip dubur yang terletak jauh di atas tubuh, dan sirip ekor yang jauh lebih besar dari pada ikan arwana yang berasal dari Amerika Selatan.

Contoh lainnya adalah ikan arwana asia mempunyai garis lateral lebih sedikit dari ikan arwana asal australia. Arwana asia mempunyai 21 sampai 26 garis, sedangkan arwana australia mempunyai 32 sampai 36 garis. Ikan Arwana australia juga memiliki sirip dada dan panggul yang lebih panjang, serta moncong anterior yang lebih panjang.

Ikan arwana dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran, terutama oleh budaya tionghoa. Ini dikarenakan ikan arwana mirip dengan naga dalam mitologi cina. Ikan ini juga terkenal dengan julukan ikan naga ( dragon fish). Selain itu, secara fengshui, ikan ini dipercaya membawa energi positif bagi pemiliknya. Tak heran jika ikan ini dihargai sangat mahal oleh orang-orang kaya yang masih percaya akan hal itu.

Berikut ini adalah 10 jenis ikan arwana bisa dijadikan ikan hias air tawar

1.  Arwana Merah – Arwana Super Red

arwana super red

www.citraarowana.com

Ikan arwana merah ( arwana super red )merupakan ikan asli indonesia. Ikan ini menyebar di aliran sungai kapuas, dan danau sentarum, kalimantan. Spesis ikan arwana ini mempunyai nama latin Scleropages legendrei.

Sesuai dengan namanya, ikan ini berwarna merah. Tetapi terdapat 4 perbedaan jenis kualitas warna. Yaitu merah emas ( golden red ), merah darah ( blood red ), merah orange ( orange red ), dan merah cabe ( chili red ). Dan nama arwana super red merujuk ke pada kualitas warna terbaik yaitu warna merah darah ( blood red ) dan warna merah cabai ( chili red ).

Terdapat istilah Ring pada ikan arwana. Ring adalah warna yang mengkilap pada pinggir sisiknya. Pada ikan arwana super red warna merah menutupi sampai sirip ekor, sungut dampai dayung pada bagian tubuh.

2.  Arwana Cross Back Golden

arwana golden crossback

javedfisheries.com

Ikan arwana cross back golden adalah salah satu ikan arwana asli asia tenggara. Tepatnya di negara malaysia, di daerah johor, perak, danau merah dan trengganu. Ikan ini bernama latin Scleropages aureus.

Terdapat dua jenis ikan arwana ini yaitu arwana cross black dan arwana cross black golden. Juga terdapat sub-jenis arwana cross black golden yang dibedapak berdasarkan 4 warna. warna dasar perak (Silver Based), warna dasar emas (Gold Based), warna dasar biru (Blue Based) dan warna dasar ungu (Purple Based).

Pada saat ikan arwana ini dewasa, akan muncul RING yang melingkari punggung sehingga diberi nama Arwana Cross Back.

3.  Arwana Golden Red ( red-tailed golden arowana )

arwana red-tailed golden

www.gulmarg.biz

Ikan arwana golden red atau ikan arwana emas berekor merah adalah ikan arwana asli indonesia, bisa ditemukan di pekan baru, sumatera. Ikan ini masih dalam spesis sama dengan ikan arwana golden cross back. Dengan nama latin Scleropages aureus. Tetapi mempunyai sifat yang lebih agresif.

Ikan Arwana golden red ini, ketika dewasa memiliki sisik lateral emas metalik yang cemerlang, menutupi insang, perut, dan membran sirip dada dan panggul, meski bagian belakangnya gelap. Terdapat beberapa varian warna dasar yaitu.  biru (Blue Based), hijau (Green Based), dan emas (Golden Based). Arwana Red Tail Golden ini memiliki ring pada perut berwarna hitam.

4.  Arwana Golden Pino ( Arwana Hijau )

arwana hijau

CARA.PRO

Ikan Arwana Golden Pino ini banyak ditemukan di kawasan asia tenggara seperti, Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia. Di Indonesia ikan ini sering ditemukan di Kalimantan. Ikan ini mempunyai nama latin Scleropages formosus.

Pada dasarnya, Ikan Arwana ini memiliki ciri warna kelabu kehijau-hijauan dengan pola garis yang berwarna gelap pada ekornya. Sirip ekornya merupakan kombinasi warna antara abu kehijau-hijauan. Sedangkan warna pada bagian badan lebih dominan warna hijau semi perak. Pada ikan dewasa, bagian atas mata dan kepala di belakang mata berwarna seperti zamrud terang. Bentuk mulutnya pun lebih besar dan bulat jika dibandingkan dengan jenis jenis Arwana lainnya. Jenis ikan ini tidak memiliki ring.

5.  Arwana Banjar ( banjar red arowana )

arwana banjar

koibaru.blogspot.co.id

Satu lagi ikan arwana asli indonesia. Ikan arwana banjar berasal dari daerah banjarmasin. dikenal dengan nama Banjar Red, Red Grade 2, Red Grade 1.5 atau Yellow Tail Green.

Ikan ini memiliki warna pink pada saat masih muda. Dan pada saat dewasa ikan ini kan mempunyai sirip ekor berwarna kuning atau orange. Ikan arwana banjar memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Sangat mirip dengan ikan arwana merah muda. sehingga membuat orang awam sering terjebak dalam membedakannya.

6.  Arwana Jardini

arwana jardini

youtube.com

Ikan arwana jardini merupakan ikan arwana asli australia. Tetapi bisa ditemukan di pulai irian di daerah meraoke. Ikan ini mempunyai nama latin Scleropages jardinii.

Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan berwarna gelap dengan tujuh barisan sisik besar, masing-masing dengan beberapa bintik kemerahan atau merah muda yang disusun dalam bentuk sabit di ujung sisiknya. Terlihat seperti mutiara.

Ikan arwana ini memiliki sirip dada yang besar seperti sayap. Panjangnya tumbuh sekitar 90 cm (35 in). Ikan ini mirip dengan ikan arwana asia. Namun, dapat dengan mudah dibedakan dengan mengidentifikasi sirip merahnya.

7.  Arwana Araipama Gigas

arapaima gigas

pinterest. com

Ikan araipama gigas adalah salah satu ikan arwana terbesar di dunia. ikan ini termasuk ikan arwana dari keluarga Osteoglossidae. Satu keluarga dari ikan arwana silver. Ikan ini berasal dari amazon, amerika selatan.

Ikan ini bisa mencapai berat 200 kilogram dengan panjang 3 meter. Ikan ini termasuk hewan langka dan dilindungi. ada Bulan Deserber tahun 2001 populasinya diperkirakan hanya kurang dari 850 ekor di Hutan Iwokara pada lahan basah Rupununi.

8.  Arwana Brazil/Silver

arwana silver

Meethepet.com

Ikan arwana silver merupakan ikan arwana yang berasal dari amerika selatan. Disebut juga arwana brazil dan ikan ini mempunyai nama latin Osteoglossum bicirrhosum.

Ikan ini memiliki sisik yang relatif besar, tubuh panjang, dan ekor yang meruncing, dengan sirip punggung dan sirip dubur membentang sampai ke sirip ekor kecil, yang hampir menyatu. Bisa tumbuh sampai ukuran maksimal 90 cm.

Spesies ini juga disebut ‘ikan monyet’ karena kemampuannya untuk melompat keluar dari air dan menangkap mangsanya. Biasanya berenang di dekat permukaan air menunggu potensi mangsa.

9.  Arwana Black Golden

Arowana golden black

aquascope.net

Ikan Arwana Black Golden adalah salah satu jenis dari ikan Arwana Golden. Banyak  terdapat di Negara Malaysia daerah Johor, Trengganu, Perak, dan Bukit Merah.

Ikan ini sangat langka dan sangat sulit untuk didapatkan serta harganya yang jauh lebih mahal ketimbang jenis jenis arwana lainnya. Arwana Black Golden memiliki warna emas dan diselimuti sisik tebal yang berwana hitam.

10.  Arwana Afrika

arwana afrika

pinterest.com

Ikan arwana ini berasal dari afrika. Dengan nama latin Heterotis niloticus. Meskipun disebut “arwana”, ikan ini lebih dekat hubungannya dengan arapaima.

Ikan ini bertubuh besar dengan sisik yang besar. sirip punggung dan sirip yang panjang menempel jauh di tubuh, dan sirip ekor bulat. Tingginya 3,5 sampai 5 kali panjang standar. Ikan ini berwarna abu-abu, coklat, atau perunggu.

Cara merawat ikan arwana

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawan ikan arwana. Yaiyu ukuran akuarium , kualitas air dan jenis makanan yang tepat untuk ikan arwana.

1.   Tangki Ikan dan Kualitas Air

Arowan hidup terutama di air tawar dan memiliki toleransi yang sangat rendah terhadap air dengan kadar garam tinggi.dan juga karena ukurannya yang, tangki ikan yang besar adalah suatu keharusan.

Ini harus cukup panjang dan cukup lebar untuk menampung panjangnya dan pada saat bersamaan, cukup lebar agar ikan bisa berenang dengan bebas. Ikan arwana  dikenal sebagai ikan penghuni permukaan sehingga jangan membuat akuarium terlalu dalam.

2 .  Kualitas Air Kolam

Dari segi kualitas air, pemilik arwana harus sangat berhati-hati dalam memantau suhu air serta pH air. Akuarium  ikan arwana harus dibersihkan dan dioptimalkan dengan benar sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Ini akan membantu menjaga ikan tetap aktif dan yang lebih penting lagi, sehat.

Kapasitas Aquarium Minimum yang Disarankan  220 liter untuk ikan arwana remaja, namun untuk yang sudah dewasa membutuhkan akuarium yang berukuran  1000 liter atau lebih besar. Suhu airnya berkisar 24 – 30 derajat Celcius.  pH air 7.0 – 7.7

pelet ikan arwana

pelet ikan arwana

3.   Jenis Makanan dan Makanan yang Tepat

Ikan arwana dapat diberi makan dengan berbagai makanan hidup, beku atau kering. Umpan hidup terdiri dari ikan kecil dan beberapa jenis serangga dan cacing.

cacing dan makhluk air seperti krill serta udang merupakan makanan dasar untuk arwana. Anda jufga bisa membeli pakan dari toko akuarium. Makanan hidup yang disebutkan di atas juga bisa disimpan sebagai pakan beku atau bisa dikeringkan untuk dijadikan makanan kering untuk arwana.

tersedia juga pelet ikan khusus ikan arwana. Tetapi sebagai alternatif untuk makanan hidup atau beku. Perlu dicatat juga bahwa dibutuhkan waktu sebelum arwana dapat mengonsumsi pelet ikan.

pastikan juga bahwa makanan tersebut tidak terkontaminasi atau tidak mengandung zat yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan arwana.

Leave a Reply