Inilah Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia

jenis ikan hias

Memilih jenis ikan hias air tawar yang tepat untuk dipelihara bukanlah hal yang mudah. Karena menurut wikipedia, terdapat lebih dari 400 jenis ikan hias air tawar dan beberapa jenis ikan hias air tawar tersebut juga memiliki puluhan sub-jenis lainnya. Bagi pecinta hobi ini, memilih ikan hias bukan hanya sekadar dari keindahan bentuk dan warna saja. Faktor lain yang menentukan adalah mudah atau tidaknya ikan tersebut dipelihara, ketahanan fisik ikan tersebut dalam kondisi ekstrim, bisa bersahabat dengan ikan lainnya serta sesuai dengan ukuran akuarium yang dimiliki.

Bagi anda yang masih pemula dalam hobi ini, ada baiknya anda mencari tahu lebih dalam tentang beberapa jenis ikan hias air tawar sebelum anda membelinya. Berikut ini kami sajikan informasi tentang Jenis ikan hias air tawar yang paling populer di indonesia;

1. Jenis ikan hias air tawar – ikan koi

ikan hias air tawar
ikan hias air tawar

Ikan koi berasal dari jepang. Ikan ini sangat indah dan cocok dijadikan ikan hias air tawar. Ikan koi mempunyai banyak varian warna, seperti Merah, putih, hitam, kuning, biru dan warna metalik. Bahkan seekor ikan koi bisa memiliki 2 sampai 4 kombinasi warna sekaligus. Koi memiliki 174 jenis namun yang dikenal hanya beberapa saja.Koi merupakan ikan kolam, ikan koi sangat indah jika di dalam kolam dan dilihat dari atas.

Memelihara ikan koi dapat menemani anda seumur hidup, karena umur koi relatif panjang. Di Jepang ada yang sampai berumur 200 tahun. Dengan  warna-warninya yang beragam, indah, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mudah menerima makanan, lemah lembut dan jinak, tak heran jika dijuluki raja ikan hias air tawar.

2. Jenis ikan hias air tawar – ikan arwana

ikan hias air tawar - ikan arwana
indoaqua.net

Ikan arwana (Scleropages formosus) dijuluki dragon fish atau ikan naga. Bagi sebagian orang ikan ini dianggap bisa mendatangkan keberuntungan dan dipecaya bisa menjaga rumah dari gangguan makhluk halus.

ikan Arwana memiliki tubuh yang pipih, kepala agak padat dan punggung yang datar. Tubuhnya ramping, memanjang seperti sebilah. Terdapat dua buah sungut yang ada dibawah bibir arwana. Fungsinya  untuk mendeteksi mangsa. Kedua sungut inilah yang menjadikan ikan arwana dijuluki ikan naga. Karena bentuk sungutnya seperti  sungut naga dalam mitologi cina.

ikan arwana dihargai sangat mahal. Tak heran jika ikan ini hanya dimiliki oleh kalangan menengah atas. Di Indonesia ikan arwana banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Kalimantan dan Irian. beberapa varietas ikan arwana tersebar di berbagai kawasan Asia Tenggara.

3. Jenis ikan hias air tawar – ikan cupang

ikan hias air tawar - ikan cupang
rejekinomplok.net

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah jenis ikan hias air tawar yang berhabitat di Asia Tenggara. Ada sekitar 50 jenis ikan cupang. Ikan cupang mempunyai karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ikan ini bisa hidup 3 sampai 5 tahun. Bentuknya kecil, hanya sepanjang 6 cm sampai 8 cm untuk ikan cupang dewasa, sehingga sangat cocok untuk diletakkan di akuarium besar maupun kecil.

Ikan cupang kuat bertahan hidup dalam waktu lama dikondisi air yang ekstrim.  sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah kecil dengan air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Ikan cupang bernapas menggunakan labirin, ikan ini menghirup udara dari permukaan air dan dapat mempertahankannya dalam waktu yang lama.

4. Jenis ikan hias air tawar – ikan palmas

ikan hias air tawar - ikan palmas
vithodrego.wordpress.com

Ikan palmas (Polypterus palmas) nama lainnya adalah ikan naga atau ikan ular merupakan ikan yang berasal dari afrika. Ikan ini mendiami di sungai sungai di afrika yang berarus sedan, seperti Sungai Cavally, Sungai Liberia timur, Sungai St John, Sungai Casamance, serta Sungai Saint Poul di Liberia Barat.

Bentuk ikan palmas memanjang seperti ular. Memiliki kemampuan bertahan hidup sangat baik, bisa berjalan dasar air dengan siripnya, sangat lambaketika berenang tetapi sangat cepat jika menangkap mangsa. Ikan palmas mempunyai organ pernafasan seperti paru-paru.

Untuk memelihara ikan palmas di akuarium, Anda harus menutup rapi bagian atas akuarium. Karena ketangguhannya, ikan palmas memiliki kebiasaan melompat keluar akuarium.

5. Jenis ikan hias air tawar – ikan guppy

ikan hias air tawar - ikan guppy
invis-a-vision.com

Ikan guppy (Poecilia reticulata) di indonesia biasa disebut ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar merupakan salah satu ikan hias air tawar yang populer di dunia. ikan guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, menyebar di Kep. Barbados, Trinidad dan Tobago, Guyana, Antillen Belanda, Kep. Virgin, Brazilia, dan Venezuela.

Ikan guppy mudah beradaptasi di kondisi air apapun. Ikan ini juga mudah untuk dikembang biakkan. Masa kehamilan ikan ini berkisar antara 21–30 hari (rata-rata 28 hari) bergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C.

Ikan guppy Jantan dan betina dewasa bisa dibedakan dari ukuran dan bentuk tubuhnya, dari warnanya. Panjang total tubuh ikan betina antara 4–6 cm, sedangkan jantannya lebih kecil, sekitar 2½ sampai 3 cm membentuk pola seperti jala, perut gendut dan berwarna putih.

6. Jenis ikan hias air tawar – ikan mas koki

ikan hias air tawar - ikan mas koki
maswaris.blogspot.co.id

Ikan mas koki (Carrasius auratus) atau ikan mas hias merupakan ikan yang berasal dari cina. Ikan mas koki adalah salah satu ikan hias yang paling disukai, banyak jenisnya dan setiap jenis mempunyai bentuk dan warna berbeda.

Ikan ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Bentuknya bulat dan pendek, mata yang lebar dan besar, memiliki sisik yang berderet rapi terlihat mengkilap menutupi seluruh tubuh ikan ini. Warna ikan mas koki juga sangat indah. Memiliki beberapa kombinasi warna dari kuning, jingga, merah, coklat, putih dan hitam.

Ikan ini mudah beradaptasi. Tetapi sebaiknya tingkat keasaman air atau pH idealnya berkisar antara 7.0 – 8.0 dan ikan ini tidak bisa bertahan di lingkungan dengan pH dibawah 5.0 atau di atas 10.0. Idealnya suhu untuk merawat ikan koki berkisar antara 20-25 derajat Celcius.

7. Jenis ikan hias air tawar – Ikan Arapaima Gigas

ikan hias air tawar - ikan arapaima
http://www.ilmuhewan.com

Ikan Arapaima Gigas (pirarucu), atau paiche adalah jenis ikan hias air tawar terbesar di dunia. Ikan ini berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima bisa tumbuh sangat besar dengan panjang 3 meter dan berat mencapai 200 kilogram. Sebagai ikan hias, ikan arapaima gigas biasanya ditempatkan pada akuarium besar atau akuarium pertunjukan. Ikan ini termasuk jenis ikan yang dilindungi karena jumlahnya terbatas dan hampir punah.

Ikan arapaima memiliki tipe sisik cikoid. Sering muncul ke permukaan air untuk bernapas dan dalam waktu 5 sampai 15 menit. Sisik ikan ini terdiri dari beberapa lapisan, yang tersusun rapi. Anehnya Pertumbuhan sisik ini hanya terjadi pada bagian bawah, sedangkan pada bagian atas tidak terdapat sel-sel hidup atau sisik yang menutupi.

8. Jenis ikan hias air tawar – ikan manfish

jenis ikan hias
deedzarinthebest.blogspot.co.id

Ikan manfish ( Pterophyllum scalare ) nama lainnya adalah angelfish atau ikan layang-layang merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini berbentuk pipih dengan sirip atas dan bawah (perut ) membentang lebar ke arah ekor. Jika tampak sekilas seperti busur panah serta sirip di dada panjang sampai ke ekor.

Gerakan ikan manfish sangat tenang di air dan jenis ikan ini memiliki warna-warna yang indah. Hal ini lah yang menjadikan ikan manfish banyak diminati oleh kolektor ikan hias.

9. Jenis ikan hias air tawar – ikan discus

ikan hias air tawar - ikan discus
kuyahejo.com

Ikan Discus (Symphysodon spp.) adalah ikan hias air tawar yang berasal dari lembah sungai amazon. Ikan Discus cukup populer di mata kolektor ikan hias. Ikan discus memiliki bentuk badan yang pipih dengan sirip belakang yang meninjol sehingga bentuk badan seolah berbentuk bulat. Panjang ikan dewasa mencapai 20 sampai 25 cm.

Terdapat banyak jenis ikan discus dan setiap jenis memiliki corak warna yang berbeda. Ciri khas ikan discus yaitu garis-garis tubuh yang terlukis dari ujung ekor hingga kepalanya.

10. Jenis ikan hias air tawar – ikan oscar

ikan hias air tawar - ikan oscar
ikanhiasahmad.blogspot.co.id

Ikan oscar (Astronotus ocellatus) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang populer di indonesia. Ikan oscar bisa tumbuh sampai ukuran 35 cm. Ikan ini bisa melompat keluar air sampai 15 cm. Ikan orcar berasal dari lembah sungai amazon, amerika selatan. Umumnya ikan ini berwarna hitam dengan sedikit corak warna merah. Selain warna itu terdapat juga yang berwarna biru pucat  biasa disebut ikan oscar albino.

Cukup merepotkan untuk memelihara ikan ini di akuarium. Kare ikan hiar ini tumbuh besar dan cepat. Ikan ini tergolong karnivora yang rakus, makannya banyak dan sering mengeluarkan kotoran. Butuh filter air kolam yang baik untuk memelihara ikan hias ini di akuarium.

11. Jenis ikan hias air tawar – ikan louhan

ikan hias air tawar - ikan louhan
kolam2ikan.blogspot.co.id

Ikan louhan (Amphilophus trimaculatus ) adalah ikan yang terkenal dengan benjolan dikepalanya. Ikan ini biasa disebut ikan jenong. Benjolan itulah yang menambah daya tarik ikan louhan di mata para kolektor ikan hias. Banyak orang percaya ikan ini membawa keberuntungan.

2 Comments on “Inilah Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *