Mengenal Beragam Jenis Ikan Koi Yang Ada di Indonesia

ikan hias air tawar

Jenis ikan koi yang ada di Indonesia saat ini berasal dari negara jepang. Penamaan jenis ikan koi juga masih menggunakan bahasa jepang. Di jepang, ikan hias satu ini sangatlah populer. Setiap tahunnya terdapat kompetisi ikan koi tingkat nasional untuk memamerkan ikan koi. Dan tidak jarang ikan koi dijual dengan harga sangat mahal di kompetisi tersebut. Kepopuleran ikan koi juga merambah ke Indonesia. Penikmat ikan hias di indonesia berlomba-lomba berbudidaya ikan koi atau sekadar memelihara ikan koi di dalam kolam dan menikmati keindahannya.

Cara membedakan ikan koi

Jenis ikan koi dibedakan berdasarkan banyaknya warna serta bentuk pola yang ada di punggung ikan koi. Kami memberikan sedikit panduan untuk mengenal nama dan jenis ikan koi.  Terdapat banyak jenis ikan koi, dan semua nama dan istilah ikan koi menggunakan bahasa Jepang. Nama ikan koi berhubungan erat dengan suasana alam yang ada di jepang. Banyak istilah yang digunakan berasal dari nama bunga atau burung, gunung atau binatang, tanaman atau ciri pemandangan.

Jenis ikan koi berdasarkan banyaknya warna
  • Satu warna adalah ogon (oranye), Ki-goi (kuning), ogon (metalik), shiro (putih) dan muji (rata).
  • Dua Warna – untuk ikan koi yang memiliki 2 warna, kata kedua mengacu pada warna utama. Misalnya, ki-utusuri berarti koi kuning dengan refleksi; utsuri adalah istilah Jepang untuk refleksi.
  • Tiga Warna – paling populer. Yang paling umum adalah yang hitam dengan corak putih dan merah dan yang putih dengan corak hitam dan merah di atasnya.
Jenis ikan koi berdasarkan Bentuk pola

Yang paling umum adalah merah dan putih dengan pola petir di punggungnya, disebut inazuma hi (red lightning). Varietas populer lainnya yang diidentifikasi oleh pola bulat di kepala. tancho kohaku, adalah varietas dengan pola bulat merah di kepala.

Berikut ini jenis ikan koi beserta nama jepangnya

Ikan Koi Kohaku

ikan koi kohaku
ikan koi kohaku

Kokaku adalah koi yang paling tua dan paling terkenal. Kohaku memiliki dasar putih solid dengan corak merah di atas putih. Kualitas terbaik Kohaku menampilkan putih terang dan bebas noda yang dikombinasikan dengan noda merah yang dalam. Variasi Kohaku termasuk Sandan Kohaku, Yondan Kohaku, Maruten Kohaku dan Tancho Kohaku. Orang jepang membedakan ikan kohaku berdasarkan banyaknya pola warna merah. Nidan kohaku (dua langkah), Sandan Kohaku(tiga langkah, Yondan Kohaku(empat langkah) dan Godan Kohaku(lima langkah).

Ikan Koi Taisho Sanke

Ikan Koi Taisho Sanke merupakan jenis ikan koi tiga warna. Warna putih sebagai background yang dihiasi warna merah dan hitam. Sama seperti kohaku, kedalaman warna sangatlah penting. Taisho Sanke yang baik, mempunyai warna putih seperti salju. Warna putih kekuningan atau agak buram dapat menimbukan kesan membosankan pada ikan koi. Biasanya warna merah ada dibagian kepala dan warna hitam bergaris di bagian dadanya. Jenis ikan koi ini juga sangat populer di jepang. Ikan ini pertama kali terlihat pada tahun 1868-1912. Pada tahun 1915, varietas Taisho Sanke dipamerkan untuk pertama kalinya.  Beberapa ikan koi yang termasuk jenis varietas Taisho sanke;

Ikan Koi Taisho Sanke
Ikan Koi Taisho Sanke
  • Aka Sanke – Ini adalah Sanke yang pola warna merahnya memanjang sepanjang tubuh ikan koi. Pada Aka Sanke warna merah adalah warna dominan. Aka sanke yang baik adalah jika warna merah yang memanjang tidak terpotong oleh warna putih. contoh bagus dari Aka Sanke bisa terlihat sangat mengesankan.
  • Maruten Sanke – Ini adalah Sanke dengan pola warna merah tersendiri di kepala. Maruten sanke memiliki sebongkah pla warna merah di kepala dan tidak terhubung dengan pola warna merah lain di tubuh ikan koi. Disebut Menkaburi (artinya kap) adalah istilah untuk pla warna merah yang membentang di atas hidung dan rahang, sementara Kuchibeni Sanke memiliki ciri khas pola warna seperti hiasan lipstik.
  • Fuji Sanke – sebenarnya bukanlah nama ikan koi. Tetapi istilah yang diberikan pada ikan koi sanke yang memiliki warna metalic ( logam ). Biasanya terletak di kepala ikan koi, tetapi Tanda seperti itu cenderung hilang saat Koi tumbuh.

Ikan Koi Showa Sanke

Ikan koi showa sanke adalah koi yang memiliki background gelap dengan warna merah dan putih di atasnya. Bedanya dengan taisho sanke adalah terletak pada warna dasarnya, jika taisho samke berwarna putih sedangkan showa berwarna hitam. Showa koi dihasilkan dengan menyilang Kohaku Koi dengan berbagai jenis Shiro Utsuri. Pertama kali diproduksi pada tahun 1927, Showa Koi diambil dari nama Kaisar Showa, yang berkuasa pada waktu itu.

ikan koi Showa Sanke
ikan koi Showa Sanke

Awalnya, proporsi untuk warna merah dan putih sangat sedikit. Selama bertahun-tahun, dalam perkembangannya jumlah tanda putih meningkat sampai-sampai sulit untuk membedakan antara varietas Showa dan varietas Sanke. Beberapa nama ikan koi yang termasuk varietas Showa Sanke;

Berdasarkan pola warna pada tubuh Showa Sanke

  • Hi Showa: Sebagian besar berwarna merah. Pola merah membentang dari kepala sampai ekor.
  • Kindai Showa: Sebagian besar berwarna putih, dengan warna putih lebih dari 40%.
  • Showa Gaya Lama: dengan warna lebih hitam dan sangat sedikit putih.

Berdasarkan tanda di kepala

  • Tancho Showa: dengan tanda merah bulat di kepala di antara mata (tanpa merah pada tubuh lainnya).
  • Maruten: berpola mahkota di kepala – tanda merah di kepala (mirip dengan Tancho) namun dengan pola merah di bagian tubuh lainnya juga.
  • Boke Showa: warna hitam agak kabur, lebih ke abu-abu dari pada warna hitam.

Ikan Koi Bekko

Ikan Koi Bekko masih kerabat dekat dari Taisho-Sanke. Warna background bisa berwarna putih, merah, atau kuning serta dihiasi warna gelap. Ada tiga jenis Bekko: Aka (merah), Shiro (putih) dan Ki (kuning) Bekko.

  • Aka Bekko: Adalah ikan koi merah dengan beberapa hiasan pola hitam.
  • Ki Bekko: Adalah koi kuning dengan beberapa hiasan tanda hitam.
  • Shiro Bekko: Adalah ikan Koi putih dengan beberapa tanda hitam.
ikan koi bekko
ikan koi bekko

Kulit Shiro Bekko harus berwarna putih bersih. Banyak dari Shiro Bekko yang memiliki kepala kekuningan sehingga mendapat nilai jelek di kompetisi. Hiasan warna hitam juga harus pekat. Hiasan warna hitam yang terorganisasi dengan baik, kecil, dan tersebar di atas dasar putih, merah, atau kuning yang solid lebih disukai. Atau Sebuah tanda warna hitam besar di salah satu bahu membuat ikan koi Bekko tampak menawan.

Ikan Koi Asagi

Asagi adalah ikan koi yang tubuhnya berwarna biru atau biru cerah seperti jaring. Kepalanya harus berwarna biru atau putih yang bersih dan tidak cacat. Bagian perut, sirip dada dan pipi harus berwarna oranye atau merah tua. Jenis asagi adalah;

ikan koi asagi
ikan koi asagi
  • Ada dua tipe penting Asagi yaitu Konjo Asagi (yang memiliki sisik biru gelap, hampir hitam) dan Narumi Asagi (sisik biru muda).
  • Ada juga sub-tipe dari ikan koi Asagi:
  1. Mizu Asaki (atau Akebi Asagi): sisik biru / keabu-abuan (warna biru paling terang dari Asagi).
  2. Taki Asagi: memiliki band putih antara punggung biru dan perut merah.
  3. Asagi Sanke: punggung berwarna biru pucat, perut bagian bawah berwarna putih dan kepala serta perut bagian atas berwarna merah.
  4. Hi Asagi: merah dari perut meluas di atas garis lateral kadang-kadang sampai ke sirip punggung.

Ikan Koi Tancho

Pada ikan koi Kohaku, Sanke dan Showa. Banyak koi ternyata hanya memiliki satu titik merah yang ada di kepala. Itu disebut ikan koi Tancho. Tancho Sanke dan Tancho Showa mereka bisa dikelompokkan pada kelas tancho. Titik warna merah pada koi Tancho harus berada di antara mata dan berbentuk bulat sempurna.

ikan koi tancho
ikan koi tancho

Ikan Koi Hikarimuji / Hikarimono / Ogon

Warna dasarnya adalah metalic (perak atau emas ), ikan koi ini berwarna tunggal. Mereka harus memiliki kepala yang jelas tanpa bintik-bintik yang berubah warna, prprporsinya harus selaras rapi, sirip mengkilap, dan warnanya harus konsisten di sekujur tubuh.
Contoh Hikarimuji:
– Yamabuki Ogon: ikan koi berwarna logam emas.
– Platinum Ogon (atau Purachina): ikan koi putih metalik keperakan.
– Hi Ogon: ikan koi berwarna metalik merah.
– Orenji Ogon: ikan koi berwarna metalik oranye.
– Mukashi Ogon: koi warna gelap emas.
– Nezu Ogon: koi metalik abu-abu.
– Kin Matsuba Ogon: koi logam emas dengan pola seperti pinecone.
– Gin Matsuba Ogon: koi berwarna putih keperakan dengan pola seperti pinecone.
– Hi Matsuba Ogon: koi metalik merah dengan pola seperti pinecone.
– Orenji Matsuba Ogon: koi logam oranye dengan pola seperti pinecone.
– Doitsu Yamabuki Ogon: koi emas-metalik dengan skuad Doitsu.
– Doitsu Platinum Ogon: koi keperakan dengan skuad Doitsu.
– Doitsu Hi Ogon: koi merah-metalik dengan skuad Doitsu.
– Doitsu Orenji Ogon: koi oranye-metalik dengan skuad Doitsu.
– Doitsu Kin Matsuba Ogon: koi emas-metalik dengan skuad Doitsu tapi sisik tipe Matsuba.
– Doitsu Gin Matsuba Ogon: koi keperakan dengan skuad Doitsu tapi sisik tipe Matsuba.
– Mizuho Ogon (Orange Doitsu Matsuba): koi oranye-metalik dengan skuad Doitsu tapi sisik tipe Matsuba.

Ikan Koi Utsurimono

Adalah memiliki tubuh hitam dengan pola Shiro (putih), Hi (merah) atau Ki (kuning).
akan lebih baik terdapat tanda hitam di kepala, mulut sampai sendi sirip ikan. Kualitas hitam juga sangat penting. Pastinya yang disukai adalah warna hitam pekat tanpa bintik-bintik kusam.

Yang termasuk Utsurimoni ;

  • Hi Utsuri: Koi bertubuh hitam dengan tanda merah.
  • Ki Utsuri: koi bertubuh hitam dengan tanda kuning.
  • Shiro Utsuri: koi bertubuh hitam dengan tanda putih.

Ikan Koi Shusui

Adalah persilangan  antara Doitsu dan Asagi, Shusui adalah salah satu varietas Doitsu pertama. Shusui memiliki garis sisik biru tua yang tersusun rapi di sepanjang garis dorsal, pada kulit biru pucat. Kepala harus biru muda dan seharusnya merah di pipi. Perutnya berwarna oranye terang atau merah, seperti Asagi, seperti juga persendian sirip.

Beberapa sub varietas ditemukan:
– Hi Shusui: dimana warna merah menyebar dari perut yang menutupi bagian belakang.
– Hana Shusui: mirip dengan Hi Shusui tapi dengan garis cermin biru-biru yang lain di sepanjang garis lateral.
– Ki Shusui: sangat jarang, kuning bukan merah dengan sisik belakang biasanya berwarna biru.
– Pearl Shusui: sangat jarang, itu seharusnya memiliki timbangan perak.

 

baca juga

Membuat Kolam Ikan Koi dan Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

Harga ikan koi dan Alasan Kenapa Ikan koi Sangat Mahal

Budidaya Ikan Koi Serta Panduan Lengkap Cara Merawatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *