Jenis Ikan Lele Konsumsi

Jenis Ikan Lele Konsumsi – ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, selain itu ikan lele juga memiliki kumis dan memiliki tubuh yang licin dan berlendir yang membuat orang susah untuk memegang ikan ini, ikan lele ini tubuh yang licin seperti ikan patin dan belut tetapi bentuk tubuh mereka berbeda. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat disukai oleh masyarakat indonesia karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Dengan berbagai macam olahan dan resep yang ada membuat masyarakat dapat mengolah ikan lele dengan berbagai macam rasa. Mulai dari gurih maupun pedas. Ikan lele juga dapat diolah menjadi abon yang memiliki rasa yang lezat dan mempunyai banyak protein.

Jenis Ikan Lele Konsumsi

Jenis Ikan Lele Konsumsi

Ada beberapa Jenis Ikan Lele Konsumsi yang sering kita jumpai, walaupun terkadang kita tidak mengetahui apa namanya. Orang banyak mengetahui lele jenis dumbo yang memeililiki ukuran yang lebih besar dari pada ukuran ikan lokal yang biasanya sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Beberapa jenis ikan lele ini adalah hasil dari persilangan dengan ikan lele jenis lain yang menghasilkan ikan lele jenis baru. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak sekali diminati untuk dibudidayakan, selain cara perawatannya yang mudah, ikan lele memiliki nilai jual dan minat yang tinggi dipasaran. Untuk membudidayakan ikan lele bisa menggunakan beberapa jenis kolam yang bisa anda gunakan dan pemilihan benih dan jenis ikan lele yang akan anda budidayakan.

 

Jenis Ikan Lele Konsumsi

  • Ikan lele lokal

( Clarias batrachus ) adalah jenis lele ini asli atau endemik di Indonesia, tepatnya diperairan sunda. Lele ini juga tersebar AfrikaUtara, Asia Tenggara, India, Sri Lanka, Bangladesh, Burma, Singapura, dan Borneo. Habitat lele ini umumnya ditemukan di perairan tawar dan payau. Ciri-ciri lele lokal mudah dikenal seperti kebanyakan ikan lele yaitu berkumis,tak bersisik dan tubuhnya licin.

  • Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus)

Ikan lele dumbo mempunyai nama lain mudfish, giant clarias, African catfish , atau magur. Seperti namanya, lele ini ukuran tubuhnya yang relatif besar dan laju pertumbuhannya yang cepat. Ciri cirinya bentuk badannya bulat memanjang. Kepala besar gepeng dan bertulang sangat keras. Matanya kecil dan kurang berfungsi. Mulut bertipe terminal, artinya berada tepat di moncong depan dan ukurannya cukup lebar. Terdapat empat pasang barbel (sungut) yang tiap pasangan tidak sama panjang, ada yang pendek dan ada yang panjang.

  • Ikan Lele Sangkuriang

Hehe, Sangkuriang namanya kayak nama tokoh legenda tangkuban perahu yang menikahi ibu kandungnya. Berdasar surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KP.26./MEN/2004 tanggal 21Juli 2004  Ikan lele sangkuriang sebagai nama strain ikan lele hasil pemuliaan genetik atas jerih payah para peneliti di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Jenis lele ini tidak lebih dari jenis lele lokal lainnya secara ciri ciri fisi dan produksi.

 

  • Ikan lele phyton

Satu lagi varietas karya orang indonesia yang telah membuktikan dengan cara hibridisasi antara ikan lele dumbo betina eks Thailand dengan ikan lele lokal jantan yang menhasilkan lele phyton. Ciri-ciri fisik ikan lele phyton hampir sama dengan ikan lele dumbo, namun kepala dan moncongnya mirip ikan lele lokal yaitu setengah membulat.Tubuhnya lebih langsing dibandingkan dengan ikan lele dumbo dan gerakannya lincah. Keunggulan Ikan lele phyton yaitu dari sisi pertumbuhannya, yang lebih cepat dibandingkan ikan lele dumbo.

 

 

baca juga

Umpan Ikan Lele
Ikan Lele Terbesar
Pakan Ikan Lele Alternatif
fakta ikan piranha
pakan ikan mas
Umpan ikan tombro
Umpan ikan gabus
ikan gabus terbesar

Leave a Reply