Kedalaman Kolam Ikan Koi

Kedalaman kolam ikan koi – Dalam pembuatan kolam ikan koi, banyak hal yang perlu menjadi perhatian. Baik itu ukuran kolam ikan, kedalaman kolam ikan, lokasi pembuatan kolam ikan koi, kualitas air kolam, temperatur air kolam, kadar keasaman air kolam (ph) dan faktor penunjang keindahan kolam lainnya seperti tanaman kolam dan dekorasi kolam. Kesemua faktor ini dapat menjadi penentu dari kesehatan ikan koi di kolam dan kenyamanan bagi pemilik kolam.

 

Kedalaman kolam ikan koi

Kedalaman kolam ikan koi

 

Kedalaman kolam ikan koi – Kolam ideal untuk memelihara ikan Koi biasanya terbuat dari beton, semen atau batuan basal yang biasa dibuat di halaman rumah. Pada tempat budidaya ikan koi luas kolam ideal sekitar 2 m x 3 m dengan kedalaman 1,8 m. Namun, bila ingin memelihara di halaman rumah bisa dengan ukuran tak beraturan mengikuti keinginan dengan luas sekitar 1 m x 2 m dan kedalaman cukup 0,8 m. Hal ini menyesuaikan jumlah ikan koi yang dipelihara dengan jumlah padat tebar per meter persegi 15-25 ekor.

Kualitas Air pada kolam koi memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan dan keindahan koi. Karena itu sangat penting menjaga agar kolam koi tetap bersih dan jernih. Jika kualitas air di dalam kolam tempat Budidaya tersebut memiliki kualitas yang baik, maka sudah di pastikan bahwa ikan koi tersebut akan hidup lebih sehat.

Kualitas air kolam yang tidak baik, akan sangat merugikan pada pertumbuhan ikan koi tersebut. Ikan koi tersebut akan bisa mengalami kematian akibat adanya serangan hama dan penyakit hanya di akibatkan kurang terjaganya kualitas air pada kolam ikan koi tersebut. Menjaga air kolam koi agar tetap jernih ini merupakan salah satu bentuk dari rasa kepedulian terhadap ikan koi tersebut:

  • Filtrasi biologis di kolam buatan sangat penting, karena konsentrasi yang lebih tinggi. Ini adalah pekerjaan filter kolam biologis untuk mengkonversi amonia menjadi nitrat yang berpotensi mematikan yang relatif tidak berbahaya agar tidak meracuni ikan koi.
  • Agar kondisi biologis air menjadi seimbang penting memberikan Filter Biologi dengan ukuran yang benar untuk ukuran kolam. Para ahli merekomendasikan bahwa air kolam Anda harus mengalami sirkulasi sekali setiap dua jam. Untuk kolam baru biasanya koi baru dimasukkan scara bertahap selama beberapa bulan. Hal ini dilakukan agar bakteri oksidasi amonia tumbuh pada filter biologi kolam koi.
  • Suhu air yang tepat untuk ikan koi berkisar  23 sampai 25 c yang mana suhu tersebut juga harus stabil dan selalu di perhatikan.

 

Baca juga

ikan koi termahal
jenis ikan koi
kolam ikan koi
harga ikan koi
budidaya ikan koi
jenis ikan arwana
jenis ikan hias

Leave a Reply