Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Serta Informasi Gizi Yang Terkandung

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan pada dasarnya selaras dengan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Menurut penelitian, terdapat protein albumin di dalam daging ikan gabus. Albumin sangat diperlukan oleh manusia untuk membantu penyembuhan luka. Ikan gabus harganya sangat mahal di pasaran. Hal ini dikarenakan jumlahnya yang terbatas serta banyak yang mencari ikan gabus ini untuk  mempercepat penyembuhan luka luar.

Ikan gabus merupakan ikan darat dan air tawar. Artinya selain bisa hidup di air tawar seperti sungai, rawa atau di persawahan, ikan gabus juga bisa berjalan di darat, jika dalam keadaan terpaksa. Keadaan ekstrim seperti kemarau memaksa ikan gabus mengubur diri di lumpur menunggu hujan datang. Atau mereka bergerak lambat mencari sumber air. Hal ini bisa dilakukan oleh ikan gabus karena mereka memiliki alat pernafasan labirin yang bisa mengambil oksigen langsung dari udara.

Ikan gabus adalah predator yang agresif, makanannya berupa ikan-ikan kecil, hewan kecil seperti katak, jangkrik dan cacing. Karena sifatnya yang predator agresif, hewan yang banyak terdapat di asia tenggara dan selatan ini dilarang masuk ke Amerika. Dikhawatirkan ikan gabus ( snakehead ) dapat merusak keseimbangan ekosistem air tawar di amerika.

Di indonesia sendiri masih jarang yang membudidayakan ikan gabus ini. Tidak seperti ikan lele yang sangat luas dibudidaya. sebagian Petani beralasan ikan ini susah untuk dibudidaya, terdapat juga beberapa petani yang berhasil membudidayakannya, sebagian yang lain hanya memelihara ikan gabus di sawah untuk mengendalikan hama keong mas dan katak.

Informasi gizi dari ikan gabus

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, ikan gabus kaya akan Albumin. Ini adalah sejenis protein yang sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk penyembuhan luka. Kita membutuhkan protein ini setiap harinya.

manfaai ikan gabus

cdn.thinglink.me

Kandungan gizi ikan gabus yang lain:
Dari hasil penelitian laboratorium diperoleh bukti bahwa 100 gram gabus ikan mengandung berbagai kandungan gizi seperti:

  • Kalori: 69 kalori
  • Protein: 25,2 gram
  • Lemak: 1,7 gram
  • Besi: 0,9 miligram
  • Kalsium: 62 miligram
  • Fosfor: 76 miligram
  • A: 150 miligram
  • B: 0,04 miligram
  • Air: 69 gram

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan

Berbicara manfaat ikan gabus ini tidak bisa lepas dari peran protein albumin bagi tubuh kita. Ada banyak manfaat Albumin, termasuk menjadi sumber energi yang hebat, dukungan nutrisi harian, memiliki sifat penyembuhan jaringan, dan sangat bagus untuk membantu melawan infeksi.

ikan gabus sebagai sumber energi

Ikan gabus mengandung banyak protein dan kaya akan albumin. Jika anda menjalani  diet Atkins atau diet rendah karbohidrat, protein adalah sumber energi pengganti karbohidrat yang sangat berguna. Ikan gabus yang berprotein tinggi termasuk didalamnya albumin, sangat baik untuk diet rendah karbohidrat.

Membantu melengkapi nutrisi harian

Seperti disebutkan, Mengkonsumsi ikan gabus yang mengandung banyak protein bisa membantu melengkapi diet yang benar. Selain itu, pengujian kadar albumin dalam darah membantu menilai status gizi seseorang. Apakah seseorang itu kekurangan gizi atau tidak. jika Anda menderita diabetes atau menderita kondisi ginjal, perhatikan kadar albumin yang terkandung di dalam darah Anda. Menjaga kadar albumin tetap tinggi bisa meningkatkan kesehatan anda.

Membantu menyembuhkan jaringan

Protein membantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, pencegahan anemia, dan mencegah hilangnya massa otot. Albumin juga berperan dalam regenerasi sel-sel yang mati, menyembuhkan jaringan di dalam otot, sehingga sel yang rusak akibat luka atau paska operasi bisa cepat pulih. Jadi, mengonsumsi ikan gabus bisa membantu mempercepat perawatan, mempercepat penyembuhan luka bakar, ginjal, luka bakar atau luka setelah operasi.

membantu melawan infeksi

Albumin juga memainkan peran besar dalam melawan infeksi, penyembuhan luka dan membantu menjaga keseimbangan antara cairan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien dengan kadar albumin rendah dari waktu ke waktu memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Mendukung pertumbuhan bayi dan anak-anak

Kekurangan albumin bisa terjadi pada tubuh manusia, kondisi ini dikenal dengan hipoalbumin. Hal ini dapat menyebabkan nutrisi tidak dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi buruk, perkembangan otak tidak maksimal, penurunan imunitas dan menyebabkan anak sakit. Berikut ini manfaat lain Albumin pada bayi dan anak-anak :

  1. Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi yang mengonsumsi ikan gabus secara teratur memiliki kadar albumin jauh lebih tinggi, dan tingkat berat badan dan hemoglobin darah meningkat secara signifikan.
  2. Albumin sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak, terutama bagi balita yang berada dalam fase keemasan pertumbuhan (golden age). Dengan demikian, mengkonsumsi ikan gabus bisa membantu mencegah masalah anak yang kurang cerdas.

Albumin dalam ikan gabus adalah bahan Esensial dalam perawatan kesehatan kulit.

Selain digunakan untuk mengobati luka bakar. Menkonsumsi ikan gabus juga bisa membuat kulit anda menjadi cerah.  Albumin sangat bagus untuk meregenerasi sel kulit mati sehingga dapat menampilkan kulit tubuh atau wajah yang indah.

Latest Comments

  1. Komi Kendy October 31, 2017

Leave a Reply