Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan serta Bahayanya

manfaat ikan lele

Manfaat ikan lele untuk kesehatan – Banyak orang suka mengkonsumsi ikan lele. beberapa daerah di indonesia mempunyai masakan khas ikan lele. Mulai dari makanan pinggir jalan seperti pecel lele,  mangut lele, sampai jajanan untuk oleh – oleh seperti kerupuk ikan lele. tapi tahukah anda apa manfaat ikan lele bagi kesehatan? Dan terlalu banyak mengkonsumsi ikan lele juga akan menimbulkan efek samping tertentu.

Ikan lele termasuk makanan yang bergizi tinggi. Mengkonsumsi ikan lele membantu anda memenuhi kebutuhan protein, dan meningkatkan asupan vitamin, lemak sehat dan asam lemak.

Rendah Kalori dan Lemak, cocok untuk diet

Per 3 once ( 85 gram ) ikan lele mengandung 122 kalori dan 6,1 g lemak. Rendahnya jumlah kalori pada ikan ini menjadikannya pilihan populer untuk rencana diet anda. Biasanya wanita membutuhkan sekitar 300 sampai 500 kalori per makanan, dan pria membutuhkan sekitar 400 sampai 600 kalori, sehingga ikan lele ini cocok untuk dikonsumsi membantu  program diet yang anda jalani. Kandungan lemak juga relatif rendah, dan sedikit kandungan lemak jenuh  ( 2 gram ). Anda harus menghindari mengkonsumsi lebih dari 16 sampai 22 g lemak jenuh per hari karena jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan.

manfaat ikan lele
manfaat ikan lele

Mengandung Asam Lemak Sehat, untuk kesehatan jantung

Mengkonsumsi Ikan lele adalah cara yang lezat untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6. Satu porsi ikan ini menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg omega-6. Anda tidak akan menemukan panduan mengenai berapa banyak anda harus mengkonsumsi asam lemak. Makanan rendah lemak jenuh dan tinggi omega-3 seperti ikan lele,dapat melindungi jantung dari penyakit dan menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Selain itu juga,  Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi penglihatan orang-orang yang menderita degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi yang menyebabkan retina merosot dan penglihatannya menjadi buram.

Menyediakan Protein Lengkap

15,6 g protein dalam porsi ikan lele memberi Anda semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Protein berkualitas tinggi ini membantu tubuh Anda membangun massa otot tanpa lemak, dan ini juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh Anda. Anda juga bisa mengandalkan protein untuk memberi energi, terutama jika tubuh Anda telah menggunakan semua karbohidrat yang Anda makan untuk bahan bakar.

Sumber Vitamin B-12

Vitamin B dan vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu tubuh Anda dalam pemecahan makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan, namun vitamin ini juga memiliki fungsi lain. Tanpa cukup vitamin B-12 dalam makanan Anda, fungsi saraf Anda menderita, dan Anda mungkin menjadi lesu.Vitamin B12 juga melindungi kita terhadap penyakit jantung, yaitu dengan membatasi meningkatnya kadar kolesterol tidak sehat(LDL), serta menghindari stroke. Vitamin B12 juga penting bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Yaitu membantu dalam reproduksi dan pembaruan yang terus-menerus pada sel kulit mati.

Meningkatkan kemampuan otak dan untuk kecerdasan anak

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan lele, merupakan komponen yang sangat vital untuk perkembangan saraf  otak. Omega-3 juga meningkatkan aktivitas saraf otak serta respon tubuh, meningkatkan daya ingat, kecerdasan otak dan menghambat kepikunan. Selain itu beberapa studi menyebutkan bahwa omega -3 juga berperan membantu penanganan penyakit Alzheimer.

Bagi wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 kerena dapat membantu perkembangan otak. Pada masa janin sampai balita, omega-3 berfungsi untuk proses pertumbuhan dan perkembangan otak. Itulah mengapa omega-3 disebut sebagai perangsang kecerdasan, karena mempunyai peranan yang sangat penting bagi kecerdasan anak pada masa selanjutnya.

Rendah zat merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri, terkontaminasi zat merkuri dapat mempengaruhi sistem saraf Anda. Ikan lele rendah zat merkuri, kecuali jika lingkungan hidup ikan lele berada banyak mengandung zat merkuri. Jadi, pastikan membeli ikan lele pada tempat pembudidayaan ikan lele yang baik. Dengan lingkungan yang tidak tercemar zat berbahaya dan diberikan pakan ikan yang baik. Meski demikian, membatasi konsumsi ikan lelesangat  dianjurkan untuk mengurangi paparan zat merkuri. Hal ini sangat penting jika Anda hamil, karena kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin Anda.

 

Tentang bahaya mengkonsumsi ikan lele

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan lele tidak begitu menyehatkan. Menurut ahli tidak semua jenis ikan itu baik untuk jantung. Ini terkait asam lemak omega 6 pada ikan lele.  Apabila dikonsumsi secukupnya, Omega-6 memberi manfaat besar bagi kesehatan terutama menjaga organ jantung dan otak.Tetapi belakangan ini, muncul beberapa kontroversi seputar omega-6. Bahkan, beberapa penelitian mengklaim, omega-6 yang dimetabolisme dalam tubuh dapat berubah menjadi lemak yang menyebabkan kerusakan dan peradangan pada pembuluh darah. Peradangan atau kerusakan itulah yang akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah (arteri), yang pada akhirnya memicu penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health pada tahun 2012, menggunakan lebih dari 1.000 spesies ikan di perairan yang berbeda menunjukkan bahwa ikan lele mengandung sejumlah besar lemak omega-6 yang tidak baik. Ini bukan untuk mengatakan bahwa anda harus berhenti mengkonsumsi ikan lele. karena ikan lele memiliki nutrisi seperti asam lemak Omega-3 yang baik untuk tubuh. Jadi solusinya adalah tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ikan lele.

 

baca juga

Cara Pintar Budidaya Ikan Lele – Ulasan lengkap dan informatif

4 Comments on “Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan serta Bahayanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *