membuat filter kolam ikan koi sendiri

Membuat filter kolam ikan koi sendiri – Filter kolam ikan koi adalah sangat penting untuk menjaga kolam tersebut selalu bersih dan sehat. Kebersihan kolam sangat mempengaruhi kesehatan ikan koi. Selain itu, kolam yang bersih bisa memberikan kenyamanan bagi anda yang ingin menikmati keindahan ikan koi. Kolam yang kotor dan tidak terawat akan berdampak buruk bagi perkembangan ikan koi. Ikan koi bisa sakit atau mati dan ini sangat merugikan anda sebagai pemilik ikan koi.

 

membuat filter kolam ikan koi sendiri

membuat filter kolam ikan koi sendiri

Jika anda peduli dengan kebersihan kolam anda, Anda bisa membeli filter kolam ikan koi di toko yang menjual alat-alat kolam. Anda juga bisa membayar orang lain untuk memasang alat filter kolam. Dan, jika anda masih belum puas dengan hasilnya, anda bisa membuat filter kolam ikan koi sendiri.

Cara membuat filter kolam ikan koi

Informasi ini saya rangkum dari beberapa sumber. Anda bisa mencari info yang lebih detail di blog lainnya, untuk menambah pengetahuan anda tentang kolam ikan. Sumber  satriabajahitam.com

Bahan – bahan

  1. Pompa Air
  2. Wadah Kosong
  3. Pasir Silika
  4. Ferrolite
  5. Batu Zeolit
  6. Karbon Aktif
  7. Kapas Filter

Siklusnya seperti ini: kolam ikan yang airnya keruh –> disedot pompa air –> dialirkan pompa air menuju ke filter kolam ikan –> dijernihkan/disaring –> dialirkan pompa air menuju kolam ikan –> air keruh –> disedot pompa air

Cara Membuat Filter Kolam Ikan

  • Bersihkan wadah kosong yang tadi telah dipersiapkan. Disarankan membersihkannya dengan menggunakan alkohol agar benar-benar higienis. Setelah dipakai alkohol, bilas lagi dengan air bersih. Lalu keringkan dahulu.
  • Bersihkan batu zeolit. Biasanya ketika dibeli, batu ini kotor. Maka, bersihkan sampai benar-benar bersih.
  • Tidak perlu membersihkan arang karena arang akan tetap mengeruhkan air seberapa banyak pun dibersihkan. Ini wajar melihat dari debu arang itu sendiri. Terus kenapa pakai arang? Lihat lagi fungsi arang di atas.
  • Letakkan kapas filter di bagian paling bawah; sebagai penyaring terakhir air kotor sebelum mengalir kembali ke kolam ikan
  • Di atas kapas filter letakkan batu zeolit berukuran besar. Susun sedemikian rupa agar semua sisi wadah terisi
  • Di atas batu zeolite berikan lagi kapas filter dengan ukuran yang lebih tipis. Ini hanya untuk sekat saja agar tidak bercampur antara zeolit dan bahan penjernih lain
  • Kemudian dilapis selanjutnya, di atas kapas filter kedua, ratakan karbon aktif atau arang aktif hingga menutupi seluruh sisi wadah.
  • Di atas karbon aktif, letakkan kembali kapas filter tipis, sama seperti di atas
  • Ratakan ferrolite di bagian ini, lalu tutup kembali dengan kapas filter sebagai pembatas
  • Sebarkan pasir silica hingga menutupi seluruh sisi wadah kosong, lalu di bagian paling atas ditaruh lagi kapas filter.

 

Baca juga

ikan koi termahal
jenis ikan koi
kolam ikan koi
harga ikan koi
budidaya ikan koi

Leave a Reply