Pakan Ikan Mas Jitu

Pakan ikan mas jitu untuk budidaya ikan mas biasanya adalah pakan buatan atau pelet. Pelet ikan mas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ikan mas. Pakan ikan mas yang jitu hendaknya mengandung : asam amino esensial, lemak, vitamin, kabohidrat serta mineral. Sedangkan kebutuhan protein padaikan mas, berbeda berdasarkan usianya.

Berikut contoh pakan ikan mas jitu yang diberikan berdasarkan usia ikan mas. misalnya: untuk ikan mas yang berada di daerah tropis, untuk ikan mas berukuran kecil membutuhkan protein sebanyak 50%, jika seukuran gelondongan ( jari ) protein yang di perlukan 40%, dan untuk ukuran ikan mas yang sudah cukup besar protein yang di butuhkan 30-35% aja dengan kabohidrat sebanyak 30%.

Pakan buatan

Pakan buatan yang di maksud adalah pakan yang telah berbentuk pelet, pakan ini biasanya sangat membantu para pemelihara ikan mas untuk bisa memberikan pakan secara intensif karena praktis. ikan mas akan memakan pakan mereka sesuai dengan ukuran mulut mereka. dan bentuk pakan tersebut perlu kita sesuaikan sesuai kebutuhan ikan tersebut. ada beberapa bentuk dan jenis  pakan yang perlu kita ketahui misalnya : emulsi, tepung, pelet, atau remah.

Berbagai pakan ikan mas jitu buatan yang bisa anda pilih

Pakan Ikan Mas Jitu

Pakan Ikan Mas Jitu

  • Emulsi : khusus untuk ikan mas yang masih berbentuk benih  berumur  5 – 21 hari. pakan emulsi ini bahan dasarnya adalah kuning telur ayam, tepung kedelai, tepung sagu, dan vitamin 1g,dengan perbandingan 1 : 1. Cara membuatnya : Mula – mula kita larutkan kuning telur ayam dan rebus dalam air matang 200ml. setelah itu tambahkan tepung kedelai sebanyak 50 gram. tambahkan tepung sagu 5 gram. lalu tambahkan vitamin 1 g. Aduk semua bahan hingga rata sambil di panaskan.
  • Tepung dan remah : Jenis pakan yang satu ini khusus untuk benih ikan mas yang sudah berumur sekitar 21 – 80 hari. bahan dasar pembuatan pakan ini adalah pelet makanan ikan yang kemudian di giling hingga halus lalu kemudia di ayak. dan untuk benih ikan yang sudah berumur 80 – 120 hari pakan yang di berikan bukan lagi tepung hasil penggilingan pelet ikan tapi sudah bisa diberikan pakan remah yang bahan dasarnya adalah pecahan pelet yang kering.
  • Pelet : Jenis pakan yang satu ini khusus di formulasikan untuk ikan yang telah memasuki tahap pembesaran dengan menggunakan pakan pelet, pakan ini berfungsi untuk tambahan pakan ikan yang bentuknya berupa butiran – butiran ( kurang lebih sebesar pil ).

Leave a Reply