Peralatan Pancing Laut

Peralatan Pancing Laut – Memancing di laut adalah tantangan tersendiri bagi kita. Membutuhkan teknik tersendiri tidak jarang memancing di laut hal yang sangat menyenangkan dengan adanya terjangan ombak membuat keseruan tersendiri. Memancing di laut membutuhkan alat yang cukup agar kena sasaran, peralatan memancing adalah membawa simpanan senar pancing, untuk menghindari senar putus. Membawa  timah, pelampung dan umpan. Memancing terdapat beberapa teknik dengan peralatan yang sangat berbeda dari harga yang termurah sampai yang harga termahal. Harga yang mahal memiliki khawalitas yang bagus. Memiliki senar pancing yang murah juga terdapat berbagai macam kendala. Memiliki senar pancing yang harganya mahal banyak menguntungkan dari hasilnya yang banyak memiliki senar yang kuat dan ketahanan.

Membuat Peralatan Pancing Di Laut membutuhkan senar pancing yang kuat dan tahan. Memancing di laut bukanlah hal yang mudah membutuhkan keberanian tersendiri. Teknik memancing yang benar menggunakan senar pancing yang katahanannya yang kuat, alat pancing yang di gunakan oleh kalangan menengah kebawah menggunakan senar pancing dari kayu atau bambu. Membuat peralatan pancing bisa menggunakan besi atau alat lainnya. perawatan senar pancing atau gagang pancing sehabis memancing laut terlepas yang sudah benar dan tahan terhadap korosi dan karat,apalagi yang bukan khusus laut tetap perawatan sangat perlu, setelah selesai mancing di laut, bahkan saat masih di laut cuci dengan sabun dan disarankan dengan shampoo karena kadar ph nya yang rendah, setelah itu bilaslah dengan air tawar.

Peralatan Pancing Laut

Peralatan Pancing Laut

Beberapa Peralatan Pancing Laut

Kotak Pancing (Tackle Box) : Sangat berguna untuk membawa semua peralatan anda untuk mancing di laut.

Nikelin : Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing.

Kili-kili : Ada dua macam : kili-kili peniti dan kili-kili biasa. Biasakanlah selalu memakai kili-kili di setiap sambungan kenur Utama dengan tali pandu (leader). Manfaat utama adalah untuk mengurangi kenur melintir.

Timah : Timah / pemberat yang biasa digunakan adalah nomor 1-3-5-8, dan gunakanlah bentuk memanjang / seperti peluru, karena bentuk timah yang bulat / oval, mengakibatkan melintirnya kenur.

 

Sabiki/ kotrek : Sabiki adalah rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat sedemikian menarik, menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing ini.

 

Kail (Hook) : Mata kail yang biasa digunakan adalah no.1,2,5,6,7 (tiap merk terkadang berlainan nomornya). Gantilah mata kail yang telah berkarat atau tumpul; atau carilah mata kail yang cukup tajam, tetapi relatif murah sehingga anda dapat menggunakannya kemudian dibuang (disposable/ sekali pakai).

 

Kenur (Lines) : Yang umum dan layak digunakan adalah ukuran 8-20 lbs. Untuk pemilihan merk kenur ini, terserah anda dan sesuaikan kondisi keuangan anda. Saya sendiri akan menggunakan kelas kenur 8-10 lbs untuk mancing dasar (kakap merah, kuwe, kerapu) maupun mancing koncer (tenggiri / alu-alu).

 

Dan saya lebih senang menggunakan yang murah, yang kapasitas 1000-2000m tiap rolnya, sehingga dapat leluasa mnegganti kenur setiap 2-3 kali mancing.

Penggulung (Reel)

Joran (Rod)

 

Biasakanlah memilih joran yang ringan dan sedikit kaku (fast taper) untuk reaksi cepat dan akurat. Dan untuk pemilihan joran ini, terserah anda dan sesuai dengan buget anda. Saya sarankan untuk memilih yang tidak terlalu mahal, dan yang pasti jangan yang teleskopik untuk hasil yang maksimal.

 

Pelampung : Biasanya terbuat dari kayu, busa, gabus, fiber glass atau plastik, selama sesuai dengan penggunaannya sebagai pelampung yang ringan dan dapat mengambang di atas permukaan air.

 

Umpan : Terdiri dari beragam variasi, mulai dari umpan buatan misal berupa ramuan hingga umpan alam hidup ataupun mati misalkan ikan kecil, udang atau cumi-cumi.

 

Gunting : Bermanfaat untuk mejadi alat memotong/mengguntin baik itu untuk umpan, kenur yang kusut, atau rangkaian mata kail yang rusak/kusut.

 

Payung : Untuk menghindari sengatan teriknya matahari ketika memancing juga kalau turun hujan.

 

Peralatan Pancing Laut
Mancing Ikan Mas Di Sungai
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Lomba
Bahan Umpan Mancing Ikan Mas
Umpan Mancing Ikan Nila Di Danau
Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam
Umpan Mancing Ikan Patin Harian
Umpan Mancing Ikan Lele Liar
Umpan Mancing Ikan Laut Pinggiran
Umpan Lomba Mancing Ikan Mas Super
Umpan Ikan Mas Dari Singkong
Racikan Umpan Ikan Mas Pake Salmon
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Pake Udang
Bahan Untuk Membuat Umpan Ikan Mas
Umpan Ikan Mas Pake Jagung
Umpan Ikan Mas Paling Jitu Untuk Lomba
Umpan Mancing Ikan Mujair Di Tambak
Umpan Jitu Ikan Lele Dumbo
Umpan Ikan Mas Paling Top
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Di Kolam
Umpan Ikan Tombro Lomba
Umpan Jitu Mancing Ikan Mas Di Kolam Pemancingan
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Terbaru
Umpan Ikan Mas Murah Meriah Tapi Jitu
Umpan Jitu Ikan Karper – Mancing Lebih Mudah
Umpan Ikan Gabus dan Tips Cara Mancing Ikan Gabus
Cara Membuat Setrum Ikan Yang Mudah dan Efektif
Ikan Gabus Terbesar dan Gambar Ikan Gabus
Racikan Essen Ikan Mas

Leave a Reply