Perkembangbiakan Ikan Lele

Perkembangbiakan Ikan Lele – Ikan lele merupakan sejenis ikan air tawar, yang memiliki kumis dan patil di mulutnya, lele biasanya menyukai air yang keruh dan tempat yang luas, ikan ini mencapai kedewasaan setelah sudah mencapai 100 gram. Jika akan menuju masa perkembangbiakan ikan jantan dan betina akan berpasang-pasangan, lele akan mencari tempat yang sejuk dan teduh biasanya di bawah dedaunan untuk membuat sarang. Lele akan meletakan telur ke atas dasar lubang sarangnya. Seekor induk betina akan menghasilkan telur 1000-3000 butir sekali memijah. Lele biasanya akan memijah di sore hari jika hari hujan, lele juga lebih aktif di malam hari jika siang lele akan lebih banyak berdiam diri.

Perkembangbiakan Ikan Lele

Perkembangbiakan Ikan Lele

Untuk Perkembangbiakan Ikan Lele sangat penting buat kesehatan, ikan lele sudah banyak sekali di kembangbiakan oleh masyarakat terutama di pulau jawa. Membudidayakan lele dapat menjanjikan hasil yang menguntungkan karena lele mudah berkembang dan banyak yang menggemari ikan lele ini, memilih bisnis lele ternyata tidak mengeluarkan modal yang besar kita cukup membuat kolam tanah ikan lele saja sudah bisa menghasilakan keuntungan. Sangat besar keuntungan karena di pasar terus berkembang ikan lele. Lele dapat hidup di dalam kepadatan terhadap pertumbuhan yang baik. Lele mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Umpan yang baik adalah penentu ikan hasil pancingan kita jika umpannya tepat maka akan dapat mendapatkan ikan lebih banyak di banding dengan memakai umpan yang asal-asalan.

 

ada 6 jenis lele yang banyak dibudidayakan di Indonesia, yaitu:

  1. Lele lokal

Lele spesies Clarias batrachus ini adalah lele asli perairan Indonesia. Dikenal dari tahun 1975, lele lokal masih banyak penggemarnya karena dagingnya gurih dan tidak banyak lemak. Kelemahannya, pertumbuhannya lambat sehingga FCR-nya pun tinggi. Untuk mencapai 500 gram, lele lokal butuh waktu hingga 1 tahun.

 

 

  1. Lele dumbo

Lele dumbo diperkenalkan di Indonesia dari Taiwan pada tahun 1985. Ikan persilangan antara Clarias gariepinus dan Clarias fuscus ini memiliki keunggulan yang disukai pembudidaya, di antaranya dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas telur yang besar, tahan penyakit, pertumbuhan cepat, dan efisiensi pakannya tinggi. Lele dumbo memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari lele lokal. Tapi dari segi rasa, beberapa menganggap daging lele dumbo yang teksturnya lembek masih kalah dengan lele lokal.

 

  1. Lele sangkuriang

Lele sangkuriang adalah jenis lele hasil perbaikan genetik lele dumbo yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Perbaikan ini diawali penurunan kualitas indukan lele dumbo akibat inbreeding, alias perkawinan dengan kerabatnya sendiri. Perkawinan silang balik (crossback) pun dilakukan dengan cara mengawinkan induk lele dumbo betina generasi kedua (F2) dengan induk jantan generasi keenam (F6), yakni sediaan induk yang ada di BBPBAT Sukabumi.

 

  1. Lele phyton

Asal-usul lele phyton awalnya adalah banyaknya petani ikan di Pandeglang yang mengeluhkan adanya kematian massal pada benih lelenya. Ternyata, benih lele yang digunakan tidak cocok dengan iklim desa setempat yang dingin. Sekelompok petani pun bereksperimen untuk melakukan penyilangan antara indukan lele betina dari Thailand dengan induk jantan lele dumbo F6. Hasilnya, varietas lele baru yang tahan terhadap cuaca dingin sehingga SR (survival rate) lebih tinggi, mencapai 90%.

 

  1. Lele masamo

Lele masamo dikembangkan oleh salah satu pabrikan pakan di Mojokerto, Jawa Timur. Disebutkan dari pengembangnya, lele ini adalah hasil gabungan genetik 7 strain lele yang berasal dari berbagai negara. Hasilnya, lele masamo memiliki beberapa keunggulan seperti pertumbuhan yang cepat, lebih tahan terhadap penyakit, dan yang paling mencolok adalah rakus dan agresif soal makan tapi memiliki efisiensi pakan tinggi.

 

 

  1. Lele mutiara

Lele mutiara banyak diperbincangkan akhir-akhir ini karena kualitasnya yang unggul dari jenis-jenis lele sebelumnya. Dikembangkan oleh Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi, Subang, Jawa Barat, lele mutiara adalah hasil seleksi dari persilangan antara lele dumbo lokal, lele mesir, lele phyton, dan lele sangkuriang. Dilansir dari laman web BPPI Subang, keunggulan lele mutiara ini antara lain

 

baca juga

Umpan Ikan Lele
Ikan Lele Terbesar
Pakan Ikan Lele Alternatif
fakta ikan piranha
pakan ikan mas
Umpan ikan tombro
Umpan ikan gabus
ikan gabus terbesar

Leave a Reply