Ternak Lele Di Lahan Sempit

Ternak Lele Di Lahan Sempit – ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang ada di indonesia yang memiliki banyak minat di masyarakat indonesia karena memiliki harga yang cukup terjangkau serata mempunyai rasa yang enak dan gurih. Ikan lele memiliki tubuh yang licin dan berlendir seperti ikan patin dan belut. Selain itu ikan lele juga memiliki kumis yang mencuat di bagian mulut ikan lele. Kumis ikan lele memiliki fungsi sebagai indara peraba seta membantu ikan lele untuk mencari dan menemukan magsanya, walaupun magsanya bersembunyi di dasar sungai yang berlumpur ikan lele dapat menemukan magsanya dengan bantuan kumisnya. Di indonesia ada beberapa jenis ikan lele yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat indonesia salah satunya adalah ikan lele lokal dan ikan lele dumbo.

Ternak Lele Di Lahan Sempit

Ternak Lele Di Lahan Sempit

Memilih Cara Untuk Ternak Lele Di Lahan Sempit adalah salah tujuan bagi orang yang menginginkan ternak ikan lele tetapi tidak memiliki lahan yang cukup luas. Anda dapat menggunkan kolam terpal dalam ternak ikan lele, karena anda dapat menyesuaikan lahan yang ada dengan luas kolam yang kan dibuat. Serta jika menggunkan kolam ini Anda dapat memindah-mindahkan kolam terpal di tempat yang anda inginkan. Karena kolam ini dapat dipindahkan di mana saja.serta dapat anda taruh di teras rumah dan menjadi hiasan di teras. Selain itu pembuatan kolam terpal ini sangat murah dan terjangkau. tidak semahal jika menggunkan kolam beton atau kolam semen.

 

Lankah Ternak lele  di Lahan Sempit

  • Kolam terpal

 

Adapun kolam yang digunakan untuk budidaya lele lahan terbatas ini bisa dilakukan dengan menggunakan terpal. Apalagi jika dana terbatas, maka Anda tidak perlu menggunakan kolam beton untuk memeliharanya. Namun yang penting lahan tersebut aman dari longsoran tanah dan air hujan. Untuk membuat budidaya ikan lele di lahan sempit Anda bisa membuat pagar dari kayu yang berbentuk kotak dengan ukuran sesuai lahan. Kemudian tutup pagar kayu dengan terpal dan pastikan menutupi seluruhnya sehingga terpal tersebut berbentuk kotak seperti kolam. Pakulah setiap tepi terpal dengan bagian pinggir pagar kayu hingga terlihat rapi.

 

  • Tuang benih sesuai tempat

 

Karena budidaya lele lahan terbatas bukan tempat yang lebar, maka sebaiknya Anda tidak menuang benih terlalu banyak. Sehingga ikan lele di dalam kolam bisa berkembangbiak dengan baik. Selain itu, air yang digunakan sebaiknya tidak terlalu banyak. Saat ini budidaya ikan lele di lahan sempit telah banyak di lakukan dan untuk mendapatkan hasil yang bagus maka sebaiknya air yang digunakan sedalam 8 hingga 16 cm untuk ukuran kolam 3 x 2 meter.

 

  • Pakan lele

 

Ternak lele lahan terbatas sebenarnya akan lebih mudah dalam mengontrol piaraan lele Anda. Sehingga pastikan lele yang Anda pelihara mendapatkan perhatian khususnya dalam hal pakan dan kebersihannya. Pakan lele bisa berupa pelet, daun pepaya yang dicincang, atau sayuran segar cincang lainnya. Dengan memberikan selingan pakan daun-daunan, lele yang akan didapatkan akan memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada lele yang hanya makan pelet saja. Sehingga budidaya ikan lele di lahan sempit ini akan lebih maksimal hasilnya.

 

  • Gunakan aerator

 

Untuk mendapatkan kualitas lele yang lebih bagus lagi, Anda bisa menggunakan aerator sebagai tambahan pasokan oksigen di dalam kolam terpal. Budidaya ikan lele

di lahan sempit dengan menggunakan terpal akan membuahkan hasil yang lebih bagus jika Anda menggunakan aerator. Dengan aerator ini, lele juga akan terangsang nafsu makannya sehingga akan cepat gemuk dan besar yang tentunya lebih menguntungkan ketika dijual nantinya.

 

baca juga

Umpan Ikan Lele
Ikan Lele Terbesar
Pakan Ikan Lele Alternatif
fakta ikan piranha
pakan ikan mas
Umpan ikan tombro
Umpan ikan gabus
ikan gabus terbesar

Leave a Reply