Umpan Ikan Gabus dan Tips Cara Mancing Ikan Gabus

Umpan ikan gabus yang tepat dan ditambah dengan cara mancing ikan gabus yang baik dapat meningkatkan peluang keberhasilan menangkap ikan gabus di alam liar. Mancing ikan gabus dan keluarganya seperti toman adalah gampang-gampang susah. Susahnya karena tarikan ikan gabus pada saat strike sangat kuat selain itu, ikan gabus banyak hidup di alam liar, jadi untuk menemukan spot mancing ikan gabus yang baik, kalian harus melalui jalan yang sulit, licin dan berbatu. Anda dituntut untuk sedikit berpetualang.

Umpan ikan gabus bisa jadi adalah bagian gampang-nya dalam hal mancing ikan gabus. Ikan gabus bisa makan apa saja. Bisa menyerang apa saja karena ikan ini adalah predator yang agresif. Jadi anda bisa menggunakan umpan jenis apa saja untuk mancing ikan gabus.

Ikan gabus sangat jarang ditemukan di kolam pemancingan. Jadi menggunakan umpan ikan gabus yang alami serta umpan tiruan adalah cara yang tepat untuk menangkap ikan ini. bau dari umpan alami sangat disukai ikan gabus, serta adanya sensasi gerak pada umpan, dapat memicu naluri predator ini untuk menyambarnya. Sedangkan umpan racikan seperti pelet ikan, kurang digemari oleh ikan gabus.

Umpan tiruan adalah yang paling digemari oleh banyak para pemancing pro. Beberapa website mancing di luar negeri merekomendasikan umpan tiruan ini untuk mancing ikan gabus di alam liar. Beberapa video mancing ikan gabus di youtube, menggambarkan keberhasilan mancing ikan gabus dengan menggunakan umpan tiruan ini. anda bisa membeli umpan tiruan ini di toko pancing terdekat di kota anda.

Umpan Ikan Gabus

Terdapat dua jenis umpan yang akan kami bahas, yaitu : umpan alami dan umpan tiruan

Umpan ikan gabus alami
  • Cacing: merupakan umpan umum untuk segala jenis ikan termasuk ikan gabus. Baunya yang alami serta efek gerak cacing membuat banyak ikan tergoda untuk menyambarnya. cara untuk mendapatkan cacing tanah adalah dengan menggalinya di tempat terdekat sehari sebelum memancing. Cici-ciri tempat yang banyak cacingnya adalah tanah harus lembab, banyak daun busuk dan basah. Cacing jenis terbaik untuk mancing adalah panjangnya sekitar 4 sampai 6 inci.
umpan ikan gabus

umpan ikan gabus

  • Belatung: saat hewan atau ikan mati di dekat sungai, mereka membusuk dan akan muncul belatung di sekitar mereka. Kemudian belatung akan tersapu air sungai dan menjadi makanan ikan. Belatung cukup efektif untuk dijadikan umpan mancing.
  • Jangkrik : meskipun banyak digunakan untuk pakan ikan di akuarium, jangkrik juga bisa digunakan untuk umpan mancing. Pemancing biasanya menggunakan umpan ini tanpa disertai pemberat. Jangkrik yang sudah diikatkan ke kail, dibiarkan melompat, berjuang dan menabrak permukaan air untuk menarik perhatian predator.
  • Udang kecil : ini adalah makanan semua jenis ikan di air tawar ketika masih kecil. Udang kecil ini kaya akan protein dan baik untuk pertumbuhan ikan. walaupun setelah besar, ikan akan beralih kemakanan lain, tetapi mereka masih menyukai undang ini.
  • Ikan kecil : Umpan yang populer untuk mancing ikan gabus. Ikan kecil yang biasa digunakan adalah ikan kecil yang tertangkap di sepanjang tepi sungai atau dibeli tempat ikan hias. Beberapa umpan ikan yang populer adalah ikan mas kecil, ikan nila kecil atau ikan lele kecil. Ukurannnya 3 sampai 4 inci dan sangat dianjurkan yang masih hidup.
  • Katak kecil: ini adalah umpan terbaik untuk ikan gabus. Tetapi sangat susah mendapatkan katak kecil ini karena populasinya semakin berkurang. Sehingga banyak umpan tiruan untuk mancing ikan gabus ini dibuat menyerupai katak kecil.
Umpan ikan gabus tiruan

Umpan tiruan biasa disebut lure. Terdapat beberapa jenis lure yang biasa digunakan untuk memancing ikan gabus. Menurut rekomendasi dari website onestopmarine.net, beberapa lure yang cocok untuk mancing ikan gabus adalah:

umpan ikan gabus

FallForFishing.com

Froggy lure

Ini adalah tipe lure yang dibuat menyerupai kodok ( disebut umpan kodok-kodokan ). Umpan ini biasa digunakan para pemancing untuk memburu ikan toman dan ikan gabus. Terdapat juga umap lure froggy yang dibuat mirip dengan tikus, burung kecil, anak itik dan juga serangga. Secara umum, froggy lure terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Soft froggy : adalah froggy lure yangterbuat dari bahan karet dan lateks. Mempunyai ciri kail yang diletakkan di atas buntuk dari froggy lure sehingga tidak mudah tersangkut jika digunakan untuk memancing di daerah yang terdapat tanaman air. Beberapa lure yang biasa digunakan untuk menangkap ikan gabus dari jenis ini adalah Kikker Rubber Frog
  2. Hard froggy : biasanya terbuat dari kayu, fiber dan plastik. Sangat cocok untuk permukaan air yang normal tanpa tanaman. Posisi hook diletakkan agak terpisah dari buntutnya. Beberapa modifikasi dari jenis ini seperti jumpfrog, biasanya dimainkan melompat-lompat diatas permukaan air. Contoh lure dari jenis ini yang biasa digunakan utk menangkap ikan gabus adalah: TNT 6.5 Topwater Frog Lure, ERF Jump Frog, ET Camo Scumfrog, EJF Topwater Jump Frog Peacock Series, EJF Micro Jump Frog, Hammerhead Jump Frog.
Spinner bait

Tipe lure satu ini mempunyai blade seperti sendok tetapi dengan ukuran lebih kecil. Blade ini akan berputar di air dan memberikan efek seperti ikan yang lagi sekarat untuk menarik perhatian predator. Contoh yang banyak digunakan untuk umpan ikan gabus adalah : Killer Blade Spinner Bait

Buzz bait

Cirinya mempunyai propeller yang terlihat seperti baling-baling di depannya. Fungsinya ialah untuk menarik perhatian ikan predator untuk menyergapnya. Karena sesaat lure ini jatuh ke air lure ini membuat keadaan air menjadi riuh dan tidak tenang. Contoh yang banyak digunakan untuk menangkap ikan gabus adalah Extreme Buzzbait 2

 

Tips Cara Mancing Ikan Gabus

Tips yang paling utama adalah menggunakan umpan ikan gabus yang sudah dijelaskan di atas. Beberapa tips tambahan seperti:

mancing ikan gabus

takemefishing.org

  • Gunakan gear mancing yang kuat dan balance untuk menangkap ikan gabus ini, karena tarikan ikan gabus sangat kuat pada saat strike.
  • Untuk mendapatkan gigitan dari ikan gabus yang agresif ini, lempar umpan sedekat mungkin ke lokasi mereka dan jika mungkin, cobalah untuk mengenai kepalanya.
  • Perhatikan daerah yang dangkal dengan banyak tanaman disekitarnya. Biasanya ikan gabus ingin mendinginkan diri di daerah yang banyak tanamannya dan berlumpur.
  • Anda harus mencoba ke lokasi lain, dan terus bergerak, jangan terlalu lama bertahan di tempat yang sama.

 

Baca Juga

Cara Budidaya Ikan Gabus, Informasi Lengkap Untuk Pemula

Ikan Gabus Terbesar dan Gambar Ikan Gabus

Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Serta Informasi Gizi Yang Terkandung

baca juga

Peralatan Pancing Laut
Mancing Ikan Mas Di Sungai
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Lomba
Bahan Umpan Mancing Ikan Mas
Umpan Mancing Ikan Nila Di Danau
Umpan Mancing Ikan Patin Di Kolam
Umpan Mancing Ikan Patin Harian
Umpan Mancing Ikan Lele Liar
Umpan Mancing Ikan Laut Pinggiran
Umpan Lomba Mancing Ikan Mas Super
Umpan Ikan Mas Dari Singkong
Racikan Umpan Ikan Mas Pake Salmon
Cara Membuat Umpan Ikan Mas Pake Udang
Bahan Untuk Membuat Umpan Ikan Mas
Umpan Ikan Mas Pake Jagung
Umpan Ikan Mas Paling Jitu Untuk Lomba
Umpan Mancing Ikan Mujair Di Tambak
Umpan Jitu Ikan Lele Dumbo
Umpan Ikan Mas Paling Top
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Di Kolam
Umpan Ikan Tombro Lomba
Umpan Jitu Mancing Ikan Mas Di Kolam Pemancingan
Resep Umpan Mancing Ikan Mas Terbaru
Umpan Ikan Mas Murah Meriah Tapi Jitu
Umpan Jitu Ikan Karper – Mancing Lebih Mudah
Umpan Ikan Gabus dan Tips Cara Mancing Ikan Gabus
Cara Membuat Setrum Ikan Yang Mudah dan Efektif
Ikan Gabus Terbesar dan Gambar Ikan Gabus
Racikan Essen Ikan Mas

Latest Comments

  1. Anjar Setyoko October 30, 2017
  2. Noe October 31, 2017
  3. arif October 31, 2017

Leave a Reply