Umpan Ikan Mas Murah Tapi Ampuh

Umpan Ikan Mas Murah Tapi Ampuh – Jika anda mencari umpan ikan mas yang harganya terjangkau tetapi bisa membuat anda menang dalam kejuaraan mancing galatama, anda bisa menggunakan umpan racikan sendiri. Umpan racikan termasuk umpan ikan mas yang murah tapi ampuh. Umpan racikan juga mudah dibuat. Dengan menggunakan bahan sisa yang tentu saja sangat disukai oleh ikan mas. Umpan racikan dibuat untuk mempengaruhi indera penciuman ikan. Tujuannya untuk membuat ikan mas tertarik memakan umpan.

Bahan yang digunakan untuk membuat umpan ikan mas murah tapi ampuh adalah cukup sederhana. Biasanya umpan racikan menggunakan bahan dasar pelet. Bisa juga menggunakan daging atau jeroan sisa hasil peternakan ayam. Hati ayam, kroto dan juga belatung, bisa menjadi bahan alternatif dalam membuat umpan racikan tersebut.

Untuk membuat umpan racikan menjadi bisa mempengaruhi indera penciuman ikan mas. Umpan dicampurkan dengan tetesan essen dengan bau yang menyengat. Essen bisa dibeli dengan harga murah di toko online.

Berikut ini beberapa resep racikan umpan ikan mas murah tapi ampuh

BAHAN-BAHAN

 

Untuk membuat umpan ikan mas murah tapi ampuh, inilah bahan-bahan yang harus anda siapkan.

 

– Telor ayam 2 butir,

– Susu bubuk 1 sanchet

– Kroto (telor semut rang-rang) seharga 5 ribu perak

– Santen kelapa kara 1 bungkus

– Keju wisman seharga 2 ribu perak

– Essen Tengiri, biasa dijual juga di toko roti seharaga 5 ribu perak

– Daun pandan 2 helai

– Pengeras umpan /kinoy wangi

Total rupiah untuk membeli bahannya cuma Rp. 19.000,- Tidak terlalu mahal menurutku. Nah sekarang tinggal bagaimana meracik umpan ini secara pas, berikut saya jelaskan urutan langkahnya :

  1. Adonan Dasar

 

Siapkan tempat meracik/mangkuk yang bersih. Pecahkan 2 telor, masukan isinya ke dalam mangkuk tadi, baru kemudian susu bubuknya, kemudian santannya.

Aduk perlahan-lahan sampai semua encer tercampur. Pastikan tidak ada susu bubuk yang mbrendel atau beku, setelah itu baru masukan kroto (telor semut), aduk lagi sampai rata. Setelah semuanya rata tinggal bagian yang paling penting dan menentukan, karena sebenarnya disini letak rahasianya, yaituessen. Ternyata essen membuat aroma umpan menjadi semakin menggoda selera. Baunya benar-benar khas. Inilah yang disukai ikan mas. Hanya saja penggunaanya tidak boleh terlalu banyak.

Umpan Ikan Mas Murah Tapi Ampuh

Umpan Ikan Mas Murah Tapi Ampuh

Essen ini baunya sangat menyengat, jadi kalau berlebihan ikan malah pada kabur tidak mau menyantap umpan kita. Ikan mas ternyata sensi banget, gampang tersinggungan, terlalu menyengat malah kaboor..he..he….:) Ingat ya, maksimal cukup 1 tutup botol. Jadi 1 botol essen kecil ini bisa dipakai untuk 3x untuk pembuatan umpan yang sama.

 

  1. Adonan Siap Masak

 

Setelah semua bahan diaduk (kecuali kinoy) merata termasuk essennya, sekarang tinggal kita siapkan plastik pembungkus ukuran 1kg. Kalau bisa didobel. Masukan dua helai daun pandan yang sudah dikrewes-krewes (remas-remas) ke dalam plastik ini. Tujuannya adalah agar umpan berasa wangi, meresap. Jadi rasa tidak saja gurih, manis, tapi juga wangi. Disamping itu penggunaan daun pandan memperpanjang aroma tetap terjaga. Setelah itu baru kemudian tuangkan adonan cair semuanya ke dalam plastik dan ujungnya.

resep ini bisa dilihat di www.kompasiana.com

Leave a Reply